oleh

BKD Parepare Bakal Terapkan Pembayaran Pajak Berbasis Online

Lukman Maddu and Rahmaniar-Parepare-

PAREPARE, BP – Bidang Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Parepare akan menerapkan pembayaran pajak restoran, hotel, dan tempat hiburan berbasis online.

Penerapan program dalam mendukung pemerintahan elektronik atau ‘e-government’ ini sementara digodok dalam rapat bersama dengan BPD Sulselbar sebagai perbankan yang akan digandeng dalam menyukseskan program itu.

Kepala Bidang Pendapatan BKD Parepare, Prasetyo mengatakan, selain transparansi pungutan, pembayaran pajak berbasis online yang akan pertama kali diterapkan kepada wajib pajak restoran berskala besar ini, sebagai wujud dukungan Pemkot Parepare dalam memberantas korupsi yang digaungkan KPK.

“Kita sementara menggodok kerjasama dengan BPD Sulselbar untuk program pungutan pajak dan retribusi daerah berbasis online. Untuk tahap pertama, kita akan mulai kepada restoran berskala besar yang sudah menerapkan sistem komputerisasi,” ujar Prasetyo, Jumat (5/4/2019).

Secara teknis, Prasetyo menguraikan, pihaknya akan memasang alat IT di restoran tersebut untuk memudahkan proses pembayaran pajak online.

“Di restoran itu akan kami pasangkan alat. Jadi semua transaksi jual beli di restoran akan terbaca melalui alat tersebut sehingga dapat diketahui besaran pajak yang dibayar wajib pajak,” detail Prasetyo.

Tak hanya restoran, para petugas pungutan kontribusi Pedagang Kaki Lima (PKL) juga akan dibekali mesin EDC yang digunakan dalam memungut pajak. “Ini untuk menghindari pungli atau pungutan melebihi dari kontribusi yang tertuan dalam aturan. Jadi petugas tidak perlu lagi bawa kartu atau karcis retribusi,” paparnya. (*)

Komentar