oleh

Disbudpar Sulsel Gandeng UMMA Massifkan Gerakan Sadar Lingkungan

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ikbal-Maros-

MAROS, BP – Universitas Muslim Maros (UMMA) terus melakukan pembenahan dan pengembangan jaringan kemitraan dalam rangka memaksimalkan eksistensi UMMA dalam kegiatan pembangunan di Sulawesi Selatan pada seluruh aspek. Bukan hanya yang berkaitan langsung dengan penyelenggaran proses belajar mengajar di internal kampus tetapi memberi kontribusi nyata terhadap proses pembangunan.

Hal ini dibuktikan dengan penandatangan MoU antara UMMA dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan yang dilanjutkan dengan pelaksanaan program kerja bersama dalam bentuk Kampanye Wisata Ramah Lingkungan baru baru ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Maros, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, tokoh-tokoh masyarakat, warga yang ada disekitar objek wisata serta para pemandu wisata Rammang Rammang.

Dalam kegiatan kampanye tersebut Kepala Disbudpar Sulsel Drs. Muhammad Firda, M.Si mengingatkan dan memberikan pemahaman kepada seluruh peserta bahwa objek wisata Rammang-rammang merupakan aset bagi semua masyarakat yang mesti dijaga.

“Kita semua dan akan terus memberi manfaat dalam artian luas jika kita semua mampu menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan di lokasi objek wisata, daya tarik dengan keindahan pemandangan yang ada di Rammang-Rammang tidak boleh berkurang hanya karena kita semua tidak mampu menjaga kebersihan di sekitar objek wisata terkhusus pada warga yang bertempat tinggal di sekitar objek wisata harus lebih peduli dan menjadi pengendali terhadap pengunjung yang membuang sampah disembarang tempat misalnya,” ujarnya.

Dirinya juga menyerahkan tempat sampah dan beberapa alat kebersihan lainnya kepada warga masyarakat agar seruan yang disampaikan pada saat acara bisa langsung dilaksanakan di lokasi objek wisata.

Selain itu, Rektor Universitas Muslim Maros Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc,P.hD dalam kegiatan kampanye memberikan edukasi dan membagikan botol air kepada seluruh peserta agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita harus menjaga lingkungan kita, terutama dengan meminimalisir penggunaan bahan plastik yang selama ini menjadi sumber kerusakan lingkungan dengan membuang sampah disembarang tempat,” tuturnya.

Dari hasil diskusi yang dilakukan antara Disbudpar Sulsel dengan UMMA akan memfasilitasi pembuatan PERDES yang berkaitan dengan Pelestarian Lingkungan di sekitar objek wisata yang ada di Desa Salenrang khususnya Taman Wisata Rammang-Rammang hal ini dimaksudkan untuk lebih memberikan perhatian dan pengendalian kepada masyarakat dan pengunjung terkait dengan kebersihan lingkungan dan diharapkan ke depan desa-desa lain di Kabupaten Maros yang memiliki objek wisata juga memiliki PERDES yang berkaitan Pelestarian Lingkungan. (*)

Komentar