oleh

Mengerucut, Ini Caleg Yang Berpeluang Lolos ke Senayan Dapil Sulsel 1

Editor : Lukman Maddu-Headline, Politik-

MAKASSAR, BP – Peta perolehan suara Partai Politik (Parpol) untuk Pileg DPR RI Dapil I Sulsel, mulai mengerucut. Persaingan saat ini, menyisakan rivalitas antarcaleg di internal parpol.

Saling klaim sebagai peraih suara terbanyak mewarnai caleg-caleg terbaik pada sedikitnya lima parpol. Antara lain Gerindra, NasDem, Golkar, PAN dan Demokrat. Toh begitu, tidak satupun caleg yang bisa membuktikan infut data perolehan suara per TPS berdasarkan dokumen lembar C1.

Posisi nyaman bagi caleg, cenderung berlaku bagi PDIP dan PPP. Dua parpol ini hampir dipastikan menggondol kursi DPR RI di Dapil Sulsel I.

Ridwan Andi Wittiri membuka kans untuk kembali melaju ke Senayan melalui PDIP. Perolehan suara Ketua DPW PDIP Sulsel ini, sangat dominan di internal parpolnya. Selain unggul di Makassar, dominasi suara ARW untuk PDIP, muncul di kabupaten lain di wilayah Dapil Sulsel I. Perolehan suara Golda Titing yang menjadi tandemnya, terpaut berselisih cukup jauh.

Hal sama berlaku bagi PPP untuk petahana Amir Uskara. Perolehan suaranya konsisten di atas 50 persen di setiap daerah di Dapil Sulsel I. Peraih suara terbanyak kedua PPP diraih Nur Syahadat.

Update suara sistem perhitungan suara (Situng) KPU hingga malam tadi, baru berkisar 17.2 persen. Dari total 26.355 TPS di Sulsel I, data masuk baru mencapai 4.557 TPS.

Hasil sementara menempatkan Partai Gerindra sebagai peraih suara terbanyak di Dapil I, menyusul NasDem dan Golkar. PAN, PPP dan PDIP berpeluang meraih kursi keempat hingga keenam, sementara kursi 7 dan 8 berpeluang diraih oleh PKB dan PKS. Itu jika Gerindra, hanya meraih satu kursi di Dapil ini.

Penantian peraih kursi paling dinanti di PAN, menyusul klaim pemenang oleh kubu dua caleg di internalnya. Antara lain oleh Ashabul Kahfi dan Muhtar Tompo.

Rekap suara dari dokumen C1 situng KPU ditambah dokumen saksi yang diolah Rakyat Sulsel menyimpulkan, ketiga caleg PAN DPR RI Sulsel I tersebut relatif kompetitif. Muhtar Tompo teratas di Jeneponto, sementara Kahfi merajai Gowa, Takalar, Bantaeng dan Selayar. (Lengkapnya lihat data grafis/tabel).

Di Gerindra, Azikin Solthan dan Andi Idris Manggabarani dipastikan aman jika sukses meraih dua kursi di Sulsel. Potensi alot berpeluang terjadi, jika Gerindra akhirnya hanya menyabet satu kursi.

Rekap sementara memunculkan Azikin Solthan sebagai peraih suara terbanyak di Gerindra, setelah unggul di hampir semua daerah kecuali Makassar yang datanya masih nihil.

Kursi NasDem yang berpeluang diraih pada alokasi kedua dari delapan kursi di Sulsel I, diperebutkan oleh antara Indira Thita Chunda SYL dan Muh Rafsel Ali. Gap suara kedua caleg ini berselisih kecil, setelah berbagi kemenangan di dua daerah.

Komentar