oleh

PDIP dan PKS Klaim Raih 10 Kursi di DPRD Sulsel

Lukman Maddu-Politik-

MAKASSAR, BP – Proses rekapitulasi tingkat kecamatan hingga kini belum rampung. Namun sejumlah partai politik (Parpol) mengklaim telah mengamankan 10 kursi untuk DPRD Provinsi Sulsel.

Sekretaris PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni (RPG) mengatakan, untuk DPRD Sulsel, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu telah meraih 10 kursi. “Hitungan C1. Kami berpotensi meraih 10 kursi di DPRD Sulsel dari 11 daerah pemilihan (Dapil),” ujarnya, Kamis (2/4/2019).

Caleg petahana itu mengatakan, kesuksesan perolehan kursi ini tidak terlepas dari peran Ketua DPD Sulsel, Ridwan A Wittiri (ARW) juga peran para kader dan calon legislatif. “Kenaikannya signifikan. Pada Pileg sebelumnya hanya lima, sekarang dapat 10. Tentu berkat kerja keras semua kader PDIP,” katanya.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulsel punya hitungan tersendiri. Meski penghitungan suara tingkat kecamatan masih berlangsung, namun catatan C1 telah mengamankan 10 kursi.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada PKS Sulsel, Sri Rahmi menerangkan, dari 11 dapil di Sulsel, PKS telah mengamankan 10 kursi sesuai hasil C1. “Tim data kami terus bekerja melakukan input data C1 dari daerah-daerah, tentu sudah aman 10 kursi di provinsi,” ujarnya.

Berdasarkan hasil penetapan KPU Sulsel pada Pemilu 2014 lalu. PKS meraih 296.283 suara dan berhak meraih enam kursi.

Dari 11 dapil untuk DPRD Sulsel, kata Sri Rahmi, hanya Dapil X (Toraja dan Toraja Utara) yang diprediksi tidak meraih kursi. “Hitungan kami PKS dapat 10 kursi minus Tator,” katanya.

Caleg petahana Dapil Makassar A itu mengatakan, keyakinan meraih 10 kursi muncul berdasarkan hasil C1 yang diperoleh. “Kami punya C1, makanya akurat, kami yakin itu. C1 adalah alas hak atas perolehan suara di TPS. Sementara ini prediksi kami,” terangnya.

Menurutnya, sejak Pemilu 1999, kehadiran saksi PKS selalu fenomenal. Pemilu kali ini pun saksi PKS di PPK selalu menjadi rujukan, karena PKS paling lengkap C1-nya. “Ini yang membuat PKS percaya diri mengklaim 10 kursi di provinsi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Sulsel, Ashabul Kahfi tetap yakin mampu mempertahankan kursi wakil pimpinan di DPRD Sulsel. Caleg DPR RI itu meyakini PAN mempertahankan tujuh kursi seperti Pemilu sebelumnya.

Komentar