oleh

Dapil Sulsel III: Incumbent Tumbang, 7 Kursi Milik Wajah Baru

Editor : Lukman Maddu-Headline, Politik-

MAKASSAR, BP – Tujuh alokasi kursi di Dapil Sulsel III semuanya menjadi milik pendatang baru. Tak satupun caleg incumbent yang mampu mempertahankan kursi empuknya di Senayan.

Nama-nama petahana tumbang, seperti Felicitas Tallulembang, Andi Fauziah Pujiwatie Hatta, Luthfi A Mutty, Bahrum Daido, Amran SE dan PAW Markus Nari, Abdillah Natsir.

Sementara wajah baru yang mengisi tujuh alokasi kursi Dapil Sulsel III diantaranya Rusdi Masse, Muhammad Fauzi, La Tinro La Tunrung, Muhammad Dhevi Bijak, Mitra Fakhruddin MB, Sarce Bandaso dan Eva Stevani Rataba.

Dari tujuh nama tersebut, Muhammad Dhevi Bijak yang termuda yakni usia 28 tahun. Bila benar lolos, maka kemungkinan akan menjadi anggota legislatif termuda dari Sulsel untuk DPR RI.

Selain itu, Partai NasDem berhasil merebut dominasi Partai Golkar di dapil yang meliputi Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Toraja, Toraja Utara, Luwu, Lutra, Lutim, dan Palopo tersebut.

Partai bentukan Surya Paloh itu berhasil meraih dua kursi. Sementara Golkar pada periode 2014-2019 mendapatkan dua kursi kini menyisakan 1 kursi saja.

Ketua NasDem Sulsel Rusdi Masse merajai perolehan suara dengan 119.053 suara. Mantan Bupati Sidrap itu unggul telak atas sang petahana Luthfi A Mutty.

Menempati urutan kedua, Muhammad Fauzi dengan 63.075 suara. Suami dari Bupati Lutra, Indah Putri Indriani ini mengungguli suara dari petahana Golkar Andi Fauziah Pujiwatie Hatta dan Abdillah Natsir.

Di peringkat ketiga, ada nama La Tinro La Tunrung dari Partai Gerindra. Mantan Bupati Enrekang dua periode ini meraih 51.149 suara meninggalkan suara incumbent Felicitas Tallulembang.

Kemudian Muhammad Dhevi Bijak meraup 45.790 suara dan berhasil menyingkirkan seniornya dari Demokrat Bahrum Daido. Adapun Mitra Fachruddin mengumpulkan 44.463 suara menyingkirkan petahana PAN, Amran SE.

Kursi keenam diisi kader PDI Perjuangan, Sarce Bandaso. Sementara kursi terakhir lagi-lagi menjadi milik NasDem yakni, Eva Stevany Rataba yang juga Istri dari Wakil Bupati Toraja Utara.

Rusdi Masse yang dikonfirmasi menyampaikan penghargaan yang tak terdalam atas kepercyaan masyarakat kepada dirinya.

Komentar