oleh

Sekda Parepare Target RS Hasri Ainun Beroperasi Akhir Tahun Ini

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Rahmaniar-Daerah, Parepare-

PAREPARE, BP – Sempat tertunda hingga tiga tahun, pembangunan Rumah Sakit Regional (RSR) Hasri Ainun Habibie di kawasan Tonrangeng River Side, Kecamatan Bacukiki Barat, tahun ini akan dilanjutkan dan ditarget mulai beroperasi pada Desember mendatang.

Lanjutan pembangunan rumah sakit yang tak kunjung rampung dan telah menelan anggaran hingga Rp60 miliar tersebut, menyusul bantuan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah pada pemkot Parepare sebesar Rp75 miliar guna mendorong rumah sakit yang digadang-gadang memiliki 1.000 tempat tidur tersebut sebagai rumah sakit regional.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Kota Parepare Iwan Asaad saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/5) kemarin.

Iwan mengatakan, bantuan anggaran yang dikucurkan pemprov akan digunakan untuk merampungkan satu tower, dari tiga tower yang direncanakan.

“Begitu rampung, akan langsung dioperasikan. Pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut akan langsung berjalan. Kita terget Desember tahun ini. Maksimal awal Januari 2020,” katanya.

Sambil berjalan, kata Iwan, nantinya pembangunan dua tower lainnya akan dikembangkan. Terkait Analis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang menjadi sejauh ini menjadi salah satu kendala pembangunan rumah sakit yang akan memili helipad tersebut, kata Iwan lagi, tengah dalam berporses.

“Amdal pengembangan dalam dokumen Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH),” kata Iwan yang juga Plt Kadis Kesehatan Parepare.

Nantinya, tambah Iwan, pengoperasian RSR Hasri Ainun akan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Pemkot Parepare, diantaranya tenaga dokter dan perawat yang ada di RSUD Andi Makkasau Parepare.

“SDM yang dimiliki Parepare, baik dokter maupun perawat, sangat memadai. Parepare yang paling siap untuk itu. Akan jalan berdampingan saling melengkapi. Sesuai komitmen wali kota tmenjadikan Parepare kota unggul dalam pelayanan kesehatan,” paparnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Parepare Samsuddin Taha mengatakan, Amdal RSR Hasri Ainun ditarget rampung pada Juni 2019 mendatang.

Penargetan amdal tersebut dilatarbelakangi oleh percepatan pembangunan proyek rumah sakit skala regional tersebut yang ditarget akan selesai pada Desember 2019 mendatang.

Syamsuddin mengatakan, sebelumnya pemerintah Kota Parepare telah membentuk komisi penilai amdal sejak 27 Desember 2018 lalu, untuk pembangunan rumah sakit Tipe B Plus dengan sebutan medical tourism tersebut yang wajib memiliki amdal.(*)

Komentar