oleh

Obsesi Ruben Amor Bangun Bisnis Perhotelan di Indonesia

Editor : Lukman Maddu-Wawancara-

JAKARTA, BP – Jumlah pembangunan hotel di Indonesia merupakan yang terbanyak ketiga setelah China dan India. Hal itu dikemukakan President Director PT Adonara Group, Ruben Amor dalam diskusi Pembangunan pariwisata khususnya dunia perhotelan tanah air.

“Indonesia memiliki potensi pariwisata yang patut mendapat perhatian dunia terutama dari sektor pariwisata, sebagai salah satu sumber devisa non migas yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah melalui program kerja jangka panjang, melalui kementerian pariwisata, dan diharapkan mampu meningkatkan kunjungan 20.000.000 ditahun 2019 atau mengalamii kenaikan 7,2 % dari tahun 2018,” ujarnya.

Target pertumbuhan pariwisata 2019 sebesar 20 % dari pertumbuhan kenaikan ekonomi nasional sehingga percepatan akselerasi menjadi tujuan utama, dengan digalakan 10 tujuan wisata sebagai salah satu program pemerintah saat ini.

Selain daerah wisata yang menjadi tujuan destinasi, Jakarta sebagai parameter dan Bali menjadi primadona terkuat para investor dalam dan luar negeri untuk kepentingan wisata ataupun bisnis, peluang yang paling potential juga dari dari kota propinsi ataupun kabupaten dengan adanya otonomi daerah memberikan iklim investasi dari sektor pariwisata ataupun MICE menjadi sektor potential, disamping beberapa karakter daerah lain seperti Bandara, industrial area, Tambang ataupun perkembunan dan beberapa titik potential seperti stasiun kereta api yang saat ini sudah tertata dengan baik melalui pemerintah.

Faktor insfrastruktur yang tersedia dan memadai semakin memberikan kemudahan akses ditunjang dengan iklim investasi yang semakin baik dengan regulasi yang tidak berbelit belit , akan membantu para pengusaha di bidang industry pariwisata untuk menanamkan investasinya dengan baik pula ,karena jumlah kunjungan tamu hotel yang terus meningkat, maka tingkat okupansi hotel relatif tinggi,” ujar Ruben. (*)

Berikut wawancara khusus dengan President Director PT Adonara Group, Ruben Amor:

Apa yang mendasari anda membangun bisnis perhotelan ?

Tren positif pariwisata Indonesia dan hospitality industry menjadi ladang subur investasi. Pertumbuhan industri Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia berkembang pesat. Tingginya kunjungan wisatawan ke negeri garuda ini telah mendudukkan Indonesia diperingkat ketiga se-Asia dalam bidang pembangunan dan investasi perhotelan.

banyak tersebar di Indonesia, apakah tidak mengalami kesulitan ?

Ruben menambahkan, dengan semakin tingginya kunjungan wisatawan ke Jakarta dan Bali dan beberapa daerah tujuan wisata maka persaingan bisnis perhotelan semakin ketat. SDM yang direkrut perhotelan juga semakin terus mengalami peningkatan kualitas.

“Sekarang ini lapangan pekerjaan Industri perhotelan sangat menjanjikan dan boleh dikatakan sebagai salah satu industry terbesar untuk memberikan lapangan kerja yang signifikan. Hotel sebagai salah satu akomodasi memberikan ruang yang begitu besar dari semua bagian dengan berbagai disiplin ilmu untuk bisa bekerja dalam mengelolah sebuah hotel. Hal ini barangkali perlu mendapat porsi yang terhormat terutama dalam melakukan edukasi dan transformasi informasi yang actual agar dapat dipahami oleh banyak pencari kerja.

Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa kerja di industry hotel hanya terbatas pada kalangan tertentu, dilain pihak masih dianggap tabuh bagi kalangan tertentu, sehingga perlu diberikan pemahaman secara utuh bahwa industry hotel disamping memberikan lapangan kerja secara professional, namun memberikan penghasilan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan profesi yang sama. Selain gaji karyawan hotel juga mendapat incentive berupa service charge setiap bulannya, bahkan lebih besar dari gaji itu sendiri serta benefit lain yang sesuai dengan aturan pemerintah untuk sektor industry hotel sehingga membuat SDM hotel menjadi lebih bergengsi,” tandas Ruben yang sebelum terjun ke bisnis perhotelan pernah mengelola empat majalah yang berhubungan dengan dunia perhotelan dan industri wisata.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka saat ini Adonara Group sebagai Hotel Operator, juga memiliki sekolah pariwisata di Solo, yang saat ini sudah memasuki tahun kedua, yaitu Adonara Bina Skyline , khususnya untuk jurusan perhotelan . Lembaga pendidikan ini, tidak hanya untuk calon karyawan di Adonara Group, tetapi tersebar dibeberapa tempat, dengan Jaminan kerja disetiap unit yang dikelola oleh Adonara Group.

Komentar