oleh

Kader Parpol Rebutan Kursi Pimpinan DPRD Sulsel

Editor : Lukman Maddu-Headline, Politik-

Juru Bicara Partai Golkar Sulsel, Risman Pasigai mengatakan, penentuan ketua DPRD Sulsel bergantung konstelasi di internal partai.

Namun, ia tak menapik jika peluang caleg petahana atau senior lebih berpeluang untuk duduk mendapatkan porsi kursi orang nomor 1 di parlemen tingkat provinsi ttersebut. “Jika merujuk pada aturan Golkar. Saya lihat memang senior yang akan pimpin DPRD Sulsel ketika Golkar jadi ketua,” kata Risman, Senin (20/5/2019).

Berdasarkan Peraturan Organisasi (PO) Golkar, beberapa syarat menjadi ketua DPRD di tingkat provinsi atau kabupaten/kota, pertama, caleg petahana. Kedua, pengurus harian DPD I atau ketua/Ptl/pengurus DPD II. Ketiga, tingkat pendidikan strata satu (S1). Keempat, perolehan suara tertinggi. Serta kelima, punya pengalaman/prestasi, dedikasi, loyalitas.

“Saya belum liat secara jelas (syarat-syaratnya). Yang pasti, pimpinan partai dan punya pengalaman itu yang secara umum,” kata Risman.

Meski Risman tak menyebutkan siapa nama paling berpeluang. Namun, kata dia, untuk mengisi kursi ketua dewan itu akan diputuskan oleh DPP Golkar di Jakarta meski pun DPD I Golkar Sulsel mengajukan tiga nama calon ketua. “Ada PO-nya dan diputuskan oleh DPP Golkar atas usulan DPD I Provinsi Sulsel,” terang Risman.

Caleg terpilih Partai Golkar Fachruddin Rangga enggan berkomentar banyak. “Tentu tidak etis kalau mau dibahas sekarang. Saya hanya bisa menjawab bahwa rejeki tak akan tertukar,” ujar Fachruddin Rangga.

Menurutnya, wacana siapa kader Golkar yang berpeluang mendapat jabatan itu sebaiknya jangan dulu dihembuskan. Ini demi menghargai sesama kolega diinternal partai. “Saya tak ingin mendahului. Semua ada mekanismenya. Saya serahkan keputusan ke partai,” katanya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle memastikan jika jabatan wakil ketua DPRD Sulsel tetap menjadi milik Ni’matullah. “Pastinya pak Ni’matullah. Kan dia ketua Demokrat Sulsel,” singkatnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Sulsel, Suryadarma mengaku belum menentukan siapa yang akan menjabat wakil ketua dari PKS. “Siapa akan masuk menjadi unsur pimpinan, PKS saat ini belum menentukan meski ada beberapa caleg incumbent yang kembali terpilih. Intinya kami belum bahas. InsyaAllah DPW PKS akan membahasnya setelah ada pengumuman resmi dari KPU,” tuturnya.

Komentar