oleh

Dosen Universitas Mataram Mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila di Unhas

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Rusli-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BP- Universitas Hasanuddin menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019, Sabtu, 1 Juni 2019. Acara yang berlangsung pukul 08.00 WITA dihadiri oleh Rektor Unhas, para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Profesor, dosen dan pegawai.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof. Dr. Abdul Rahman Kadir, SE, M.Si, CIPM.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Pembina upacara selanjutnya membacakan sambutan tertulis Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono. Dalam sambutan tertulisnya, Kepala BPIP mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah bagi bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa belum secara sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara, masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” kata Prof. Abdul Rahman Kadir.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini berlangsung dalam suasana sederhana namun hikmat. Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila oleh seluruh peserta upacara.

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengatakan kebahagiaannya dengan antusiasme civitas akademika Unhas dalam mengikuti upacara ini.

“Sekarang hari libur, menjelang lebaran. Banyakdosen dan pegawai yang ingin mudik. Namun Alhamdulillah mereka masih meluangkan waktu untuk mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini,” kata Prof. Dwia usai upacara.

Sesuai anjuran dari Kementerian dan Lembaga, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan melaksanakan mudik lebaran tetap diwajibkan untuk mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila. Para ASN dapat mengikuti upacara di kantor atau instansi terdekat dari lokasi mudiknya.

Di Universitas Hasanuddin, beberapa ASN dari instansi lain juga mengikuti upacara kali ini. Antara lain terdapat Dr. Nurliah, seorang Dosen ASN dari Jurusan Budidaya Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Wanita yang rencananya akan mudik ke Kabupaten Soppeng ini menyempatkan diri untuk mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Universitas Hasanuddin.

“Saya dalam perjalanan mudik. Kebetulan disini saya mengenal beberapa dosen, jadi saya putuskan untuk mengikuti upacara di Universitas Hasanuddin,” kata Nurliah di sela-sela upacara.

Nurliah menyelesaikan SMA di Kabupaten Soppeng tahun 1995. Ia kemudian menyelesaikan pendidikan S1, S2, dan S3 di Universitas Hasanuddin. “Saya dulu di Ilmu Kelautan, mulai S1 sampai S3. Makanya disini banyak teman-teman yang saya kenal. Senang sekali bisa mengikuti upacara disini, sekaligus temu kangen kawan-kawan lama,” kata Nurliah. (*)

Komentar