oleh

Nurdin Halid: Alhamdulillah, Golkar “Hampir” Kalah

Editor : Lukman Maddu-Headline, Politik-

MAKASSAR, BP – Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin Halid berjanji akan mengevaluasi raihan suara Partai Golkar di Sulsel pada Pemilu 2019.

Nurdin Halid mengakui adanya penurunan perolehan suara maupun kursi, namun dia menolak jika dianggap hasil Pemilu ini akibat kinerja partai kurang maksimal.

“Alhamdulillah, Golkar Sulsel bersyukur. Hampir kalah lebih bagus dari pada hampir menang. Golkar hampir kalah, Nasdem hampir menang,” kata Nurdin Halid saat bertemu dengan sejumlah wartawan di Makassar, Sabtu, (1/6/2019).

Penurunan signifikan raihan kursi Golkar Sulsel diketahui tetap membuat partai ini sebagai pemenang di Sulsel. Selain persoalan sistem pemilu yang disebut tak menguntungkan partai, suara Golkar di Sulsel sejak reformasi memang selalu turun.

“Turun bukan karena kesalahan partai atau kesalahan orang tertentu. Kita ini korban sistem, tidak ada yang bisa disalahkan. Golkar Sulsel sejak reformasi turun terus tidak pernah naik,” ujarnya.

Sistem pemilu dengan menggunakan perhitungan Sante Langue, kata dia, sangat merugikan partai yang memperoleh suara besar di Daerah Pemilihan (Dapil) karena hanya bisa raih 1 kursi yang sama dengan partai lain yang memperoleh suara dibawahnya.

Ia mencontohkan perolehan suara partai Golkar dan caleg di Dapil VII Sulsel (Kabupaten Bone) yakni sebesar 95. 147 suara. Namun Golkar hanya bisa mendapatkan 1 kursi.

Kedepan, kata NH, partai Golkar melalui fraksi di DPR RI akan melakukan evaluasi terhadap sistem pembagian kursi tersebut dan pelaksaan Pilpres yang serentak dengan pileg.(*)

Komentar