oleh

Calon Menteri Bugis Jokowi

Editor : Lukman Maddu-Kolumnis-

BACAPESAN.COM – Kamis, 27 Juni 2019 adalah hari keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). MK telah menetapkan hasil sidang maratonnya, menolak hampir semua pengaduan kubu pasangan 02, Prabowo-Sandi. Itu menjadi sinyal kuat, pasangan 01, Jokowi-Ma’ruf akan ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang dan dilantik oleh MPR RI sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, 2019-2024, tanggal 20 Oktober 2019.

Setelah pelantikannya, Jokowi segera melantik para menterinya di Kabinet Kerja Jilid 2. Siapakah mereka?

Bagi orang Bugis-Makassar, setelah Bapak M. Jusuf Kalla (Pak JK) tidak lagi di panggung pemerintahan, tentu berharap ada dua sampai 3 orang perwakilannya sebagai menteri.

Pak JK telah ikut berkeringat membantu kemenangan Jokowi-Ma’ruf. Jika saja Jokowi dan KH. Ma’ruf meminta nama-cama calon menteri ke Pak JK. Saya menduga kuat, minimal 2 nama yang keluar dari saku Pak JK. Siapakah mereka?

Pertama, Komjen Pol Syafruddin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), mantan ajudan terdekat Pak JK. Kedua, mungkin Drg. Arief Rosyid Hasan, mantan Ketua Umum PB HMI dan aktivis Dewan Masjid Indonesia (DMI), selama pilpres ikut di Tim Kampanye Nasional (TKN) menggarap kalangan milenial. Arief juga bisa mewakili kalangan muda di Kabinet Kerja Jilid II Jokowi.

Tentu saja masih bisa muncul calon menteri, misalnya Menteri Pertanian dipertahankan atau melalui jalur dan restu Ketua Umum PDIP, Ibu Megawati, keluar nama Prof. Dr. Nasaruddin Umar atau Prof. Dr. Hamka Haq. Bisa juga muncul nama Dr. Syahrul Yasin Limpo melalui jalur Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. (**)

Komentar