oleh

Chile vs Peru: Siapa Lawan Brasil

Editor : Ashar Abdullah-Olahraga, Sepakbola-

“Mereka bermain sangat bagus jika menguasai bola, gaya main yang mirip dengan Kolombia. Mereka punya barisan pemain yang kuat fisiknya juga lini depannya bisa melakukan serangan balik dengan cepat,” ucap Vidal.

Versi statistik Whoscored, sampai dengan babak semifinal Copa America ini Peru adalah satu-satunya tim yang menghasilkan gol melalui counter attack. Sedangkan Chile mengandalkan set piece (dua gol) juga open play (empat gol) sebagai senjata produktivitas.

Ketika ditanya tentang pertemuan lawan Peru di semifinal Copa America 2015 di mana Chile menang 2-1, Vidal berkata hasil empat tahun lalu tak bisa jadi patokan. Chile dan Peru sama-sama mengalami perubahan pemain dan kematangan tim.

“Skuad Chile pada (Copa America) 2015 lalu adalah kumpulan pemain lapar gelar dan kejayaan. Dan kini (setelah menang Copa America 2015 dan 2016) membuat kami lebih rileks dan berkepala dingin dalam setiap pertandingan,” ujar Vidal.

Kekuatan Peru selain penyerang Paulo Guerrero tentu adal di bawah mistar gawang. Kiper mereka Pedro Gallese mencuri perhatian usai tampil memblokade penalti dua penyerang tim peserta Copa America. Yakni Gabriel Jesus (Brasil) di fase grup (23/6) dan Luis Suarez (Uruguay) di perempat final.

Nah, Vidal dalam ancaman absen di final jika membuat pelanggaran dan menerima kartu kuning di semifinal ini. Pemain berjuluk El Guerrero itu sudah mengantongi dua kartu kuning. Sesuai regulasi tiga kartu kuning, maka si pemain harus absen di laga berikutnya.

Pelatih Chile Reinaldo Rueda dalam wawancara dengan La Nacion berkata Peru menjungkalkan prediksi setelah memenangi laga lawan Uruguay. Peru yang lolos sebagai tim peringkat ketiga sukses menjinakkan Uruguay. Tim yang mengalahkan Chile di fase grup (25/6).

“Peru meraih konfidensi tinggi berkat kemenangan di perempat final. Meski kami pun memenangi adu penalti lawan Kolombia di perempat final, rasanya kami memilih menang dalam 90 menit atas Peru,” kata Rueda.

Komentar