oleh

Sidak Perusahaan Tambang, Tim Pora Pangkep Amankan TKA Asal Cina

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Atho-Daerah, Pangkep-

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) Kabupaten Pangkep, mengamankan satu orang TKA asal Cina di kawasan eksplorasi tambang marmer milik PT. Anugerah Marmer Jelita (AMJ) di Kampung Jenna Labbu, Desa Bulu Tellue, Kecamatan Tondong Tallasa, Rabu (03/07) kemarin.

TKA bernama Shu Kai Hua tersebut diamankan lantaran tidak mampu menunjukan dokumen lengkap saat tim Pora melakukan sidak di perusahaan marmer yang berjarak kurang lebih 50 km dari Kota Pangkep tersebut.

Anggota tim pora Kabupaten Pangkep yang juga merupakan Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkep, Mustar mengatakan, selain mengamankan satu orang TKA, seluruh TKA yang ada disana harus meninggalkan lokasi tambang jika tidak mempu melengkapi dokumen Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) yang disyaratkan.

“Satu orang kita inapkan di kantor imigrasi Makassar, karena tidak mampu menunjukan dokumen, dan besok semua TKA ini harus tinggalkan lokasi tambang, hingga dokumen RPTKA yang dibutuhkan lengkap,” tegas Mustar.

Sidak yang digelar tim Pora sendiriberdasarkan laporan dari masyarakat, yang ditindak lanjuti Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pangkep, alhasil, saat sidak tim mendapati 13 TKA berada di kamp penampungan tambang, milik AMJ.

“Setelah melalui kordinasi, ada 20 TKA dan 13 ini kita dapati di lokasi tambang, sementara enam orang tidak dilokasi karena masih melakukan pengurusan di kantor Imigrasi,” tambah Mustar.

Terpisah Pengawas ketenagakerjaan, Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel, Ikhsyan mengatakan, jika hingga waktu yang ditetapkan, 20 TKA PT. AMJ tidak mampu memperlihatkan dokumen RPTKA, maka mereka akan dideportasi.

“Bisa kita deportasi, apabila tidak sesuai dengan dengan dokumen rencana penggunaan tenaga kerja asing yang diajukan.”.

Tim pora kabupaten Pangkep merupakan tim gabungan yang terdiri dari Dinas Ketenagakerjaan dan transmigrasi provinsi Sulsel, Dinas tenaga kerja kabupaten Pangkep, Kejaksaan Negeri Pangkep, Polres Pangkep dan Kodim 1421 Pangkep. (*)

Komentar