oleh

Gandeng Wahyu Promo Citra, MUI Sulsel Bakal Gelar Makassar Halal Expo 2019

Lukman Maddu-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dukungan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel terhadap Undang-Undang Jaminan Produk Halal ditunjukkan dengan menggelar Makassar Halal Expo (MHE).

Kegiatan yang digelar dengan menggandeng PT Wahyu Promo Citra ini rencananya berlangsung pada Oktober 2019. Bersamaan dengan mulai berlakunya UU RI Nomor 33 Tahun 2017 tentang JPH secara efektif.

Ketua MUI Sulsel Bidang Infokom, Drs H Waspada Santing, M Sos I, MHI mengaku sudah sepakat dengan Dirut PT Wahyu Promo Citra, HM Syukur Sakka. Mereka bertemu di sela-sela Indonesia Halal Expo di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (30/6/2019).

Kesepakatan tersebut telah dilaporkan kepada Ketua Umum MUI Sulsel, AGH Sanusi Baco pada Kamis (4/7/2019). Sanusi meminta segera diatur persiapan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

MUI Sulsel akan melibatkan Pemkot Makassar. Dalam waktu dekat, pengurus MUI akan bertemu penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb.

Rencananya, Makassar Halal Expo berlangsung 17-20 Oktober 2019 di Celebes Convention Center (CCC) Makassar. Pembukaan bersamaan dengan berlakunya secara efektif UU JPH yang mewajibkan seluruh produk yang beredar dan digunakan di Indonesia bersertifikat halal.

“MHE dilaksanakan bersamaan dengan Pekan Raya Sulsel (PRS) keenam yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-350 Sulsel,” kata Waspada, Jumat (5/7/2019).

PRS sendiri menggabungkan pameran agritech expo atau alat mesin pertanian, celebes holiday fair, serta umrah dan haji expo.

Waspada menambahkan, dalam MHE akan diadakan diskusi, coaching clinic dan konsultasi tentang proses, prosedur, dan persyaratan pengurusan sertifikat halal.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI, Prof Ir Sukoso, M Sc, PhD juga menyambut baik rencana MHE tersebut. BPJPH Kemenag akan membuka stan konsultasi JPH di MHE. (*)

Komentar