oleh

RSUD Hasri Ainun Habibie Dongkrak Pertambahan Luasan RTH Eksisting

Lukman Maddu and Rahmaniar-Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik seluas 30 persen pada lahan yang dimiliki Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hasri Ainun Habibie Kota Parepare, dinilai merupakan sebuah komitmen dan sumbangsih yang nyata terhadap percepatan perwujudan program pengembangan kota hijau.

Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Parepare H. Bakhtiar Syarifuddin, SE mengemukakan bahwa dengan menyisakan lahan sekitar 8.095,5 m dari 26.986 m luas lahan yang tersedia, itu sudah menandakan bila pemrakarsa rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Hasri Ainun Habibie (dr HAH) itu, dinilai punya kepedulian dan wawasan ekologi yang andal serta menguasai konsep pembangunan berkelanjutan.

“Performance struktur bangunan dan tampilan interior yang berkelas internasional yang dimiliki RSUD dr HAH sepatutnya didukung juga oleh ketersediaan RTH yang berestetika ekologi tinggi. Dengan tujuan utama agar di kawasan itu dapat berlangsung proses-proses ekologis yang berfungsi baik sebagai penyedia oksigen yang memadai. Pengatur iklim yang sejuk, resapan air yang pakem maupun penetrasi polutan,” papar Bakhtiar Syarifuddin, Jumat, 12 Juli 2019.

Menurut Bakhtiar, prediksi masa depan bahwa tak dapat dipungkiri bila nantinya RSUD dr HAH telah beroperasi, maka potensi pertambahan dan menumpuknya penduduk di sekitar kawasan tersebut tak terelakkan.

Sehingga dapat dipastikan akan menimbulkan tantangan terhadap tuntutan kebutuhan kesehatan lingkungan yang prima.

“Saya sangat apresiasi atas tersedianya RTH publik yang representatif itu. Dan tentunya warga masyarakat Parepare pada umumnya pun ikut berbangga, oleh karena menambah luasan RTH publik dalam kawasan RSUD dr. HAH berarti ada upaya nyata rangkaian mewujudkan kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup kota kita,” puji Alumni Sekolah Ilmu Lingkungan PPSML Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta ini. (*)

Komentar