oleh

Jaga Kesehatan Mata di Musim Kemarau, Ini Tips Dokter Spesialis Mata RSUD Andi Makkasau

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Ketika musim kemarau, panas dan teriknya cuaca serta hujan yang kian jarang turun, menyebabkan lingkungan menjadi lebih kering serta debu yang mudah beterbangan yang dapat meningkatkan risiko timbulnya beberapa penyakit, diantaranya kekeringan dan iritasi pada mata.

Hal itu dibenarkan Dokter Spesialis Mata Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare, dr. Muliana, yang ditemui di sela-sela tugasnya, Selasa (16/7/2019).

“Untuk menjaga mata kering, memerah, infeksi serta luka, kami sarankan kepada masyarakat khususnya di Parepare, jika akan keluar rumah sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata agar tetap terhindar dari panas maupun debu,”pesannya.

dr. Muliana menambahkan, untuk menjaga kesehatan mata saat musim kemarau, sebaiknya memperbanyak mengonsumsi buah-buahan seperti buah naga, anggur, tomat, dan sayur-sayuran hijau.

“Terutama mengonsumsi vitamin A dan C,”tambahnya.

Saran lain ditambahkan lagi dokter spesialis mata alumni UNHAS itu, untuk menjaga kekeringan pada mata, idealnya aktifitas kedipan mata dilakukan 10 sampai 15 kali dalam semenit agar kelopak mata selalu basah dan tidak mengalami kekeringan.

dr. Muliana membeberkan, dalam sebulan ini sudah lima kasus infeksi mata yang diakibatkan mata kering terkena debu, infeksi karena memegang mata saat tangan tidak higienis, bahkan ada pasien yang menjalani perawatan karena pengunaan soflens mata yang tidak higienis. (*)

Komentar