oleh

Antisipasi Kekeringan, Dinas Pertanian Pangkep Maksimalkan Pengelolaan Sumber Air

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Atho-Daerah, Pangkep-

ANGKEP, BACAPESAN.COM – Memasuki musim kemarau, Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep mulai melakukan langkah antisipasi dengan memaksimalkan pengelolaan sumber sumber air yang ada.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Pangkep, Kamiruddin menjelaskan, jika hingga saat ini belum ada laporan terkait kekeringan di Pangkep, meski demikian upaya antisipasi sudah dilakukan.

“Terakhir kami rapat, belum ada laporan kekeringan atau gagal panen, semoga itu tidak terjadi, namun untuk antisipasi kita saat ini coba maksimalkan pengelolaan sumber sumber air,” ungkap Kamiruddin, Rabu (17/07).

Ia menambahkan, di Pangkep terdapat sumber sumber air yang bisa dimaksimalkan untuk mengairi lahan saat kemarau tiba, diantaranya Sungai Tabo-tabo yang bisa mengairi 3 kecamatan, yakni Bungoro, Minasa tene danLabakkang, sementara Sungai Padaelo dan mata air lonrong dapat mengairi lahan di Kecamatan Marrang, Segeri dan Minasatene.

“Kita juga sudah pakai percepatan tanam, jadi jika selama ini para petani menanam bulan april, maka dipercepat di bulan maret, jadi pas masuk kemarau, semua sudah di panen,” tambah Kamiruddin.

Sekedar diketahui, Kabupaten Pangkep memiliki lahan potensial seluas 16.732 Hektar, dimana 10. 940 hektar diantaranya terapkan 3 kali panen dalam setahun. Untuk 2018 produksi gabah kering di Pangkep capai 210.673 ton dengan menghasilkan varietas mekongga dan ceheran. (*)

Komentar