oleh

Amien Rais Dukung Rekonsiliasi

Editor : Ashar Abdullah-Kolumnis-

Prof. Dr. Amien Rais adalah salah satu intelektual muslim jebolan Amerika Serikat. Amien adalah tokoh Reformasi 1998, yang berhasil menurunkan dan mempreteli kekuasaan penguasa terlama di Republik ini, almarhum Jend. Soeharto dan Orde Barunya. Amien adalah guru besar ilmu politik, kelahiran Surakarta, 26 April 1944, 75 tahun lampau. Kini, dua anak Amien berkipra sebagai legislator.

Jauh sebelum ajang pemilihan presiden dan wakil presiden 2019, Amien Rais sudah sering mengkritik, menyerang sistem pengelolaan negara ala pemerintahan Jokowi-JK. Amien menuding banyak penyimpangan. Jokowi dan koalisinya bahkan dituding masuk kategori partai setan.

Amien Rais kemudian mendukung pasangan Prabowo-Sandi all out. Berbagai macam tuduhan dan serangan isu politik dan agama dialamatkan ke kubu pasangan Jokowi-Ma’ruf. Sebagian TKN merasa gerah akibat sarangan bertubi-tubi Amien. Amien adalah politisi ulung, pemberani, dan to the point jika mengkritik kubu lawan politiknya.

Tapi kini, Amien melihat pentingnya rekonsialiasi, terutama setelah Jokowi dan Prabowo bertemu di kereta MRT, Sabtu, 13 Juli 2019, Amien Rais ikut gerbong rekonsiliasi dengan beberapa syarat prinsip. Bagi Amien, rekonsiliasi itu bukan bagi-bagi kursi menteri. Amien berharap koalisi pendukung Prabowo tetap berada di barisan oposisi demi perkembangan demokrasi di tanah air. Bagi Amien, demokrasi itu perlu mekanisme check and balance,karena itu diperlukan oposisi yang kuat.

Amien telah meminta semua pihak, memberikan kesempatan kepada presiden terpilih Jokowi dan wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin selama lima tahun ke depan. Berbagai tokoh memuji langkah Amien Rais dan publik pun ikut menyambut gembira seruan rekonsiliasinya.

Kini, anak-anak bangsa makin sadar akan pentingnya rekonsiliasi. Suatu usaha untuk menyatukan kembali hati dan pikiran anak-anak bangsa setelah terbelah karena faktor beda pilihan calon presiden April 2019 lalu.

Terima kasih Pak Amien Rais. Bapak adalah tokoh Reformasi yang berpengaruh dan semoga tetap menjadi guru bangsa demokrasi bagi anak-anak Indonesia. M. Saleh Mude, Kontributor Bacapesan.com dan Raksul Jakarta.  (*)

Komentar