oleh

Parepare Raih Predikat Penghargaan Kota Layak Anak

Lukman Maddu and Rahmaniar-Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pada peringatan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di Hotel Sheraton Makassar, Selasa, (23/7/2019) kemarin, Kota Parepare dinobatkan sebagai salah satu kota di antara 14 daerah yang mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) tahun 2019.

Parepare berhasil naik satu peringkat dibanding penghargaan sebelumnya, dari kategori Pratama menjadi Madha.

Penghargaan yang diterima Wakil Walikota Parepare, H Pangerang Rahim diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise.

Setidaknya, ada 24 indikator penilaian untuk masuk kategori Kabupaten dan Kota Layak Anak. Secara umum, dilihat berdasarkan program pemenuhan hak sipil dan pelayanan informasi bagi anak. Termasuk, dinilai berdasarkan pertimbangan keikutsertaan atau partisipasi anak dalam pembangunan oleh tiap pemerintah daerah.

Yohana Yambise, dalam sambutannya, menilai, kekerasan yang kerap terjadi pada anak di Indonesia mengalami penurunan signifikan. Setiap hari, pihaknya menerima laporan dari berbagai latarbelakang masyarakat.

Laporan yang masuk tersebut terdata di Komisi Perlindungan Anak dan Institusi Kepolisian. Dengan asumsi itu, berdampak pada turunnya jumlah kekerasan pada anak.

“Kelihatannya laporan masuk sudah menurun. Pusat pelayanan terpadu di seluruh Indonesia dijalankan dengan baik, begitu juga UPTD dan pemerintah daerah untuk memperhatikan tumbuh kembang anak,” ucapnya.

Sementara, Wakil Walikota Parepare H. Pangerang Rahim usai penyerahan penghargaan menyampaikan, penghargaan yang diberikan kepada Kota Parepare merupakan perwujudan dan hasil atas usaha Pemerintah Kota dalam memberikan ruang dan perlindungan kepada anak.

“Alhamdulillah kita membali mendapatkan pengakuan sebagai Kota Layak Anak dan tahun ini kita naik peringkat yang dulunya kategori pratama tahun ini kita masuk kategori madya,” ujar Pangerang Rahim. (*)

Komentar