oleh

Hari Ini, Pansus Hak Angket Panggil Gubernur Sulsel

Editor : Lukman Maddu-Headline, Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket DPRD Sulsel menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA).

Rencananya, pemeriksaan orang nomor satu di Provinsi Sulsel itu digelar hari ini, Jum’at (26/7) di Kantor DPRD Sulsel.

Publik berharap agar pemeriksaan NA tidak dilakukan secara tertutup seperti saat pemeriksaan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. “Ia undangannya besok (hari ini) setelah shalat Jum’at,” ujar Ketua Pansus Hak Angket, Kadir Halid.

Politisi Partai Golkar itu belum bisa memastikan apakah sidangnya berlangsung secara terbuka atau tertutup. “Secara pribadi dan anggota yang lain ingin sidangnya terbuka. Karena ini sudah diketahui oleh publik, tapi nanti kita lihat bagaimana (tertutup atau terbuka). Pada saat pemeriksaan Andi Sudirman itu bukan keinginan tim hak angket,” tuturnya.

Lebih jauh disampaikan, pemeriksaan Nurdin Abdullah ini, untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan Nurdin Abdullah soal SK 193 pejabat yang pernah dilantik Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman akhir April lalu. Selain itu, pencopotan sejumlah pejabat eselon II, dan beberapa poin penting lainnya.

Wakil Ketua Pansus Hak Angket, Selle KS Dalle menegaskan jika gubernur tak punya alasan untuk tidak menghadiri sidang hak angket itu. “Karena sudah dilayangkan undangan dari Pansus, maka gubernur wajib hadir,” ujar Selle.

Anggota Pansus Hak Angket, Wawan Mattaliu berharap agar NA dapat menghadiri panggilan tersebut. “Kalau pak NA tidak datang maka dia permalukan diri sendiri,” ujar politisi Partai Hanura tersebut.

Wawan menegaskan, jika pada pemanggilan pertama tersebut NA tak hadir, maka pihaknya akan kembali melayangkan panggilan kedua pada hari Senin mendatang. “Jika tidak hadir besok (hari ini) maka kita akan panggil lagi pada hari Senin,” jelasnya.

Wawan mengancam akan melakukan panggilan paksa jika NA kembali mangkir dalam panggilan kedua itu. “Jika misalnya besok (hari ini) dan hari Senin nanti tidak hadir lagi maka akan kami jemput paksa,” tegasnya.

Anggota Pansus lainnya, Muslimin Salam mengaku mendapat informasi jika NA tidak bisa hadir dalam sidang tersebut. “Mengenai jadwal pemanggilan pak gubernur, sedianya besok (hari ini), namun info yang kami dengar katanya pak gubernur lagi ada acara. Pak gubernur meminta agar pemeriksaan ditunda pada tanggal 1 Agustus,” kata politisi Partai NasDem tersebut.

Komentar