oleh

LSI Maros Akan Gelar Diskusi Rutin Terkait Demokrasi

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Jumaedy-Maros-

MAROS, BACAPESAN.COM – Lembaga Salewangang Institute (LSI) Kabupaten Maros akan menggelar diskusi rutin akhir pekan. Diskusi ini nantinya akan membahas seputar isu-isu terkini terkait Demokrasi dan kondisi Politik di Kabupaten Maros.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Lembaga Salewangang Institute Maros, Fitrawahyudi saat melakukan audience dengan Pimpinan Bawaslu Kabupaten Maros, Rabu (07/08) kemarin.

“Lembaga kita ini akan konsen kepada pencerdasan politik, kemajuan berdemokrasi harus didorong secara massif, kita tidak ingin kepedulian terhadap demokrasi kita hanya muncul pada saat ada momentum, ia harus berlanjut dan terarah, sebab pasca momentum, baik itu Pileg dan Pilkada, hasil dari kontestasi itu pun harus tetap dikawal,” ujar Magister Humaniora ini kepada wartawan.

Lebih jauh, Yudi menyebut jika peran pelaksana dan pengawas serta pemerintah harus diimbangin dengan kerja-kerja NGO (organisasi non pemerintah) sebagai penyeimbang.

“Kita di lembaga perlu menjadi balance, kekakuan di Penyelenggara, Pengawas dan Pemerintah akibat regulasi yang kadang membuat keterbatasan gerak harus dicairkan melalui lembaga, olehnya itu Insyaallah mulai pekan depan, kami akan meggelar diskusi rutin di akhir pekan, pemantiknya dari para praktisi dan akademisi,” tutup Yudi.

Terkait hal itu, Ketua Bawaslu Maros, Sufirman yang menerima kunjungan LSI ini menyambut baik rencana diskusi rutin akhir pekan. Tak anggung-tanggung pihak Bawaslu menyiapkan tempat dan beberapa kebutuhan lainnya.

“Kegiatan yang demikian tentu sangat kami apresiasi, insyallah kita di Bawaslu siap memberi akses, termasuk lokasi acara, Halaman kantor bisa kita sulap jadi tempat diskusi, kita sangat merespon hal yang demikian,” singkatnya.

Lembaga Salewangang Institute adalah sebuah lembaga yang konsen terhadap kajian kebijakan publik, Demokrasi, Pendidikan, riset dan pengembangan. Lembaga ini diisi oleh beberapa mantan pengawas pemilu, aktivis mahasiswa, Dosen, dan wartawan. (*)

Komentar