oleh

KPU Torut Gelar Pleno Penetapan Hasil Pemilu 2019

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Cherly-Toraja Utara-

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan Calon Legislatif (Caleg) terpilih anggota DPRD Toraja Utara pada pemilu 2019 di Toraja Misiliana Hotel, Selasa (13/8).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), perwakilan partai politik, PPK se-Toraja Utara, tokoh agama, tokoh masyarakat dan mantan komisioner KPU Toraja Utara.

Dalam sambutanya, Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom mengatakan bahwa rapat pleno ini merupakan tahapan paling terakhir dari pemilu. “Pelaksanaan pemilu ini kurang lebih 2 tahun dalam berbagai tahapan,” kata Bonnie.

Ia megatakan seharusnya penetapan dilakukan lebih awal, tapi ada gugatan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK) yakni Daerah Pemilihan (Dapil) III sehingga penetapan calon harus ditunda dan menunggu proses di MK.

“tapi pada 8 Agustus lalu telah diumumkan putusan bahwa gugatan ditolak sehingga penetapan baru bisa dilaksanakan hari ini,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya dalam melakukan penetapan perolehan kursi partai politik dan Caleg terpilih telah berdasarkan pada semua aturan yang ada.

“Setelah ini kami akan menyerahkan hasil penetapan kepada berbagai pihak yang terkait agar proses selanjutnya bisa dilanjutkan,” pungkasnya. (*)

Komentar