oleh

Buka KSM, Wagub Sulsel Sebut Siswa Madrasah Cerminan Bangsa Ke Depan

Editor : Ashar Abdullah-Edukasi, Sekolah-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Hirup Pikuk di MAN 2 Model Makassar sudah terasa, tidak seperti biasanya lalu lintas di seputaran salah satu Madrasah Aliyah unggulan Kementerian Agama di Sulsel ini hari ini (Kamis, 15 Agustus 2019) sudah padat dan mengakibatkan JL. AP. Pettarani Ujung yang merupakan jalanan protokol Kota Makassar macet Parah. Hal ini disebabkan karena hari ini akan dihelat sebuah event Akbar bagi Madrasah tingkat Provinsi Sulawesi selatan yakni Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Acara KSM Tingkat Propinsi Sulsel untuk Tahun 2019 ini diikuti oleh 715 orang Peserta dari tiga tingkatan Madrasah yakni Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah seluruh Sulawesi Selatan yang memperlombakan Bidang Study dan Sains seperti Matematika, IPA, IPS, Biologi dan Geografi dan kesemuanya terintegrasi. Menariknya, karena kesemua jenis bidang study dan sains yang Dikompetisikan serempak secara Nasional dalam waktu bersamaan dalam bentuk CBT (Computer Based Test), yang hasilnya hari ini juga sudah bisa diumumkan secara Online, hal ini untuk menjaga kemurnian hasil kompetisi.

Event Akbar bagi Madrasah di Sulsel yang mengambil Tema : Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat ini dihadiri dan dibuka Langsung oleh Wakil Gubernur Sulsel H. A. Sudirman Sulaiman didampingi oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Kepala Biro Kesra Pemprov, Kabid Pendidikan Madrasah kanwil Kemenag Sulsel dan Sejumlah Rektor dan Pimpinan dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Makassar.

Acara yang dipadati lebih dari seribu orang ini, juga dihadiri oleh Kepala Balitbang dan Diklat Keagamaan Makassar, Seluruh Kepala Bidang dan Pembimas Kanwil Kemenag Sulsel, Para Kepala Kantor Kemenag dan Kasi Pendidikan Madrasah serta Kepala Madrasah dari seluruh Kabupaten Kota se-Sulsel.

Kedatangan Wagub Sulsel disambut langsung oleh Kakanwil Kemenag Sulsel beserta jajarannya di Lokasi Acara langsung Dikalungi Sarung Sutra, disambut dengan Adat Anggaru’ dan Tari Padduppa oleh Siswa siswi MAN 2 Makassar.

Dalam Laporannya, Kabid Penmad kanwil Kemenag Sulsel selaku penanggung jawab pelaksanaan kegiatan KSM tingkat Prov. Sulsel menyampaikan bahwa peserta yang ikut berkompetisi hari ini berjumlah 715 orang merupakan hasil kompetisi atau seleksi di tingkat Kabupaten Kota beberapa waktu yang lalu, dan dari seluruh peserta yang berkompetisi hari ini hanya 11 orang peserta terbaik yang akan diikutkan di event KSM tigkat Nasional yang akan dihelat pada Bulan September mendatang di Kota Manado Sulawesi Utara.

Kakanwil kemenag Sulsel H. Anwar Abubakar dalam sambutannya menaruh harapan besar terhadap proses dan kompetisi ini, karena moment inilah Madrasah akan menemukan 11 peserta terbaik yang bakal menjadi duta yang akan membawa harum nama Prov. Sulsel di tingkat Nasional.

Anwar Abubakar juga menyebutkan bahwa Event KSM ini bukan saja ajang uji kemampuan dan Kecerdasan bagi para siswa Madrasah kita, tapi sekaligus menjadi ajang pembuktian bagi para guru madrasah sampai dimana kemampuannya dalam membina anak didik kita di Madrasah, Ucap kakanwil.
Sementara itu, Dikesempatan yang sama Direktur KKSK Madrasah Kemenag RI yang diwakili oleh Kasubdit Kesiswaan Dra. Nanik Pujiastuti, M.Si, memaparkan bahwa Keunggulan Madrasah , siswa bukan saja mendapatkan Ilmu Dunia, tapi juga belajar memahami Sang Maha Ilmu. Di Pundak Siswa Siswi Madrasah pulalah tumpuan sejuta harapan Bangsa muncul, karena Madrasah mengajarkan siswanya bukan hanya selalu berzikir, tapi juga pandai Berpikir, tidak sekedar taat beragama tapi juga cinta pada Negara, Ucapnya Langsung disambut Apllaus meriah.

Sebelum Memukul Gendang tanda dimulainya KSM tingkat prov. Sulsel secara Resmi, Wakil Gubernur Sulsel H. A. Sudirman Sulaiman menyampaikan kebanggaannya melihat perkembangan Madrasah khususnya di Sulsel Saat ini, menurutnya “Madrasah saat ini bukan lagi menjadi pilihan kedua, tapi sudah menjadi pilihan utama bagi orangtua dan peserta didik”. Hal ini dikarenakan Madrasah sudah memperlihatkan bukti nyata baik dalam sisi akademik maupun non akademik. sejumlah Madrasah bahkan sudah memperlihatkan prestasinya di event event bergengsi baik skala regional maupun nasional bahkan internasional”.

Saya yakin, Madrasah hari ini bisa menjadi cerminan bagaimana bangsa kita ke depan, karena siswa di Madrasah tidak hanya dituntut memiliki kecerdasan intelektual, tapi juga kecerdasan emosional, bukan hanya sifatnya Ilmiyah, tapi juga ilahiyah, dan model semacam ini harus dicontoh dan mulai diterapkan juga di sekolah sekolah umum, agar generasi generasi terbaik calon pemimpin bangsa kedepan memiliki karakter yang paripurna yaitu generasi yang Cerdas lagi Berakhlak Mulia, Harap Wagub Sulsel.

Wagub juga menitipkan harapan, agar siswa madrasah yang nantinya akan menjadi wakil provinsi di level Nasional nantinya berupaya keras membawa harum dan membanggakan nama Sulawesi Selatan, Pintanya.

Usai membuka secara resmi kegiatan KSM, Wagub Sulsel didampingi Kakanwil Kemenag Sulsel berkesempatan berkeliling mengunjungi semua Stand Madrasah Expo yang diisi oleh sebagian besar hasil kreasi dan inovasi siswa siswi madrasah serta menampilkan hasil hasil prestasi bergengsi yang telah diperoleh madrasah.

Kunjungan Wagub Sulsel dan kakanwil Kemenag Sulsel di both booth Pameran ini menjadi agak tersendat sendat karena menjadi objek rebutan foto sejumlah hadirin baik selfie maupun welfy dengan kedua Pejabat Sulsel yang tergolong masih muda ini. (rls)

Komentar