oleh

Polda Sulsel Bakal Periksa Bupati Maros, Ini Kasusnya

Editor : Lukman Maddu-Headline, Hukum-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Penyidik pada bidang tindak pidana khusus Polda Sulsel terus mendalami dugaan korupsi pada aktivitas penambangan galian C di Kabupaten Maros.

Bahkan, dalam waktu dekat polisi telah menjadwalkan pemanggilan kepada Bupati Maros Hatta Rahman dan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Maros serta Kadis ESDM Provinsi Sulsel.

Pemanggilan itu dilakukan untuk melakukan klarifikasi berkaitan dengan izin aktivitas pertambangan galian C tersebut. “Sampai sekarang belum. Tapi nanti pasti akan kita periksa dalam waktu ini lah, untuk memastikan instansi ini mengizinkan atau tidak. Mereka dipanggil masih sebatas sebagai saksi perizinan,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono via telepon, Kamis (15/8).

Kata Yudhiawan, saat ini pihaknya terus memaksimalkan penyelidikan kasus dugaan korupsi dalam pusaran aktivitas penambangan galian C di Kabupaten Maros tersebut. Sebab berdasarkan data yang mereka peroleh di lapangan, banyak aktivitas penembang ilegal yang beroperasi sejak lama.

“Tambang galian C utamanya yang ilegal ini kita proses semua, itu nggak ada izinnya tapi kenapa disana banyak ilegal yang beroperasi sudah sejak lama. Itu perlu ada izin dari ESDM dan bupati,” terang Yudhiawan.

Sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulsel menyatakan resmi menyelidiki adanya aroma korupsi dalam kegiatan penambangan galian C di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Maros.

Yudhiawan Wibisono mengatakan pihaknya telah menurunkan tim mengecek ke lapangan sejak pekan lalu.

Dari hasil cek lapangan yang dilakukan tim, ditemukan sejumlah aktifitas penambangan galian C yang tak berizin dan hal itu akan diproses lebih lanjut.

“Semua yang tak berizin sudah kami data dan akan diproses lebih lanjut,” tutupnya. (Sugihartono)

Komentar