oleh

5.913 Maba UMI Ikuti Pesantren Kilat

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Atho-Pangkep-

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menyambut ribuan mahasiswa baru (Maba), dengan pesantren kilat. Program yang dicetuskan sejak tahun 90-an tersebut merupakan program penyambutan dengan asas islami satu satunya yang dilakukan universitas seluruh Indonesia.

“Ini program penyambutan kami, karena kita tidak berlakukan lagi ospek atau perpeloncoan, seperti yang ada di kampus lain,” jelas Rektor UMI Makassar, Prof. DR. Basri Modding, usai membuka rapat senat terbuka luar biasa.

Penerimaan mahasiswa baru dilakukan di pondok pesantren Darul Mukhlisin Padanglampe, kecamatan Marrang, Senin (19/08).

Sebanyak 5913 mahasiswa baru ikut tergabung dalam 10 gelombang, wajib mengikuti program pesantren kilat yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut.

“Kita sambut mahasiswa kita dengan pendekatan spiritual. kita buktikan bahwa UMI merupakan lembaga pendidikan dan dakwah kelas dunia, berilmu amaliyah, beramal dunia, dan berakhlakul karimah,” jelasnya.

Pesantren Kilat merupakan program unggulan UMI yang bertujuan melahirkan manusia yang berkualitas dan intelektual muslim yang terampil dan ahli sesuai dengan displin ilmu masing-masing.

Selain penguatan wawasan, sejumlah materi pengenalan juga ditanamkan ke mahasiswa baru, termasuk wawasan bela negara.

Untuk tahun 2019/2020 Universitas Muslim Indonesia, menerima sebanyak 5913 mahasiswa baru, yang terbagi kedalam 13 Fakultas dan 1 Akademi Bahasa Asing (ABA).

Dari 13 Fakultas yang ada, Fakultas teknik Industri merupakan Fakultas yang paling banyak menerima mahasiswa baru, yakni 754 orang, disusul Fakultas Hukum dengan 733 Maba, kemudian sastra dengan 703 mahasiswa baru.

Tidak hanya itu, sebanyak 462 mahasiswa juga terdaftar di Fakultas Pendidikan Agama Islam, kemudian Fakultas Teknik dengan 594 Maba, Fakultas Komputer sebanyak 450 mahasiswa, termasuk Fakultas kesehatan masyarakat yang mencapai 383 mahasiswa baru. (*)

Komentar