oleh

Dinas Pertanian Implementasikan Sistem Informasi Spasial Berbasis Pemetaan Partisipatif

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Maros-

MAROS, BACAPESAN.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Maros melalui Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura menggelar implementasi identifikasi areal persawahan berbasis pemetaan partisipatif kepada kelompok tani.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Maros, Hamril kepada wartawan mengatakan jika pemetaan ini dilakukan untuk memperkuat basis data serta menghindari adanya overlap lokasi antar wilayah kelompok tani.

“Dalam konteks ini penguatan kelembagaan kelompok tani harus terus kita tingkatkan baik dari peningkatan sdm petaninya maupun peningkatan lahan usaha taninya. Untuk memperkuat basis data serta menghindari adanya overlap lokasi antar wilayah kelompok tani diperlukan upaya identifikasi areal dan sarana pendukung di wilayah usaha tani,” ujar Hamril.

Hamril melanjutkan, jika selama ini lokasi kelompok tani hanya bersifat numerik atau tabel saja maka dengan pendekatan pemetaan partisiatif dapat digambarkan dalam satu desa atau kelurahan dan dapat dijadikan acuan sebagai data base luasan perkelompok yang lebih akuntable.

“Dalam implemantasi ini sebagai sampling adalah kelurahan turikale sebanyak 3 kelompok tani dan kelurahan raya sebanyak 6 kelompok tani dan telah dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan lokasi dan luasan masing masing kelompok. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang baru dan bersifat inovatif dan merupakan program implementasi kegiatan diklat kepemimpinan III yang kami lakukan,” tutupnya. (*)

Komentar