oleh

Pemenang Pilkada 2020 Hanya Berkuasa 4 Tahun

Editor : Lukman Maddu-Headline, Pilkada-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Masa jabatan bupati dan wakil bupati hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang hanya empat tahun saja. Atau sampai tahun 2024.

Hal itu sesuai dengan UU nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU 1/2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota hasil Pemilihan tahun 2020 menjabat sampai dengan tahun 2024.

Adapun tentang kekosongan jabatan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota yang berakhir masa jabatannya tahun 2022 dan 2023 diangkat penjabat gubernur, penjabat bupati, dan penjabat wali kota sampai dengan terpilihnya gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota melalui Pemilihan serentak nasional pada 2024.

Pilkada 2020 sendiri merupakan Pilkada terakhir yang dilakukan terpisah, dan tahun 2024 akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Lantaran hanya menjabat selama empat tahun akan ada kompensasi bagi kepala daerah tersebut. Bentuk kompensasi tersebut berupa uang sebesar gaji pokok dikalikan jumlah bulan yang tersisa serta mendapatkan hak pensiun untuk satu periode.

Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir mengatakan, pihaknya siap untuk menjalankan apa yang menjadi keputusan KPU Pusat.

Menurutnya, jika ada regulasi mengatur deadline masa jabatan kepala daerah. Pihak KPU Sulsel akan menjalankan aturan tersebut. “Kami sebagai penyelenggara Pemilu berkewajiban menjalankan apa yang menjadi keputusan KPU RI yang tertuang dalam PKPU,” ujarnya, Selasa (20/8/2019).

Namun Faisal mengakui jika belum ada aturan resmi yang diterima oleh pihaknya. “Jika sudah ada aturan resmi maka KPU Sulsel bersama KPU kabupaten/kota akan melakukan sosialisasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Yang paling penting adalah diketahui parpol dan calon kandidat,” jelasnya.

Ketua Bappilu Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle mengatakan, parpol berkewajiban menjalankan apa yang diatur dalam PKPU.

Komentar