oleh

Pansus Kukuh Tak Ubah Rekomendasi Hak Angket

Editor : Lukman Maddu-Headline, Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket DPRD Sulsel telah menyelesaikan perbaikan redaksional rekomendasi terkait dugaan pelanggaran Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA).

Ketua Pansus Hak Angket, Kadir Halid mengatakan, meski telah melakukan perbaikan, namun substansi dari hak angket itu tidak berubah. “Substansi dari rekomendasi itu tidak berubah. Hanya perbaikan narasi,” kata Kadir Halid.

Menariknya, dalam perbaikan narasi rekomendasi, Pansus tidak melibatkan anggota Pansus dari PKS dan PDIP. Alasannya, kata Kadir, kedua fraksi itu tak sepaham dengan fraksi lainnya. “PDIP dan PKS untuk apa diundang. Kedua fraksi ini tidak setuju angket,” tegasnya.

Sementara PAN, kata Kadir Halid tetap diundang namun tidak hadir. “PAN diundang, tapi tidak hadir,” tambahnya.

Wakil Ketua Pansus Hak Angket, Arum Spink menambahkan, perbaikan narasi atau kata-kata dalam rekomendasi telah rampung rapat dengan pimpinan DPRD atau sebelum rapat paripurna. “Kan narasi saja sebagai mana yang disarankan oleh pimpinan, dan Jumat kita persentasekan lagi,” ujarnya.

Anggota Pansus dari PDIP, Alimuddin tetap ngotot menolak hasil kesimpulan yang telah dikeluarkan oleh pansus. “Kita tolak semua,” kata Ketua Fraksi PDIP, Alimuddin.

Bendahara DPD PDIP Sulsel memberikan alasan, jika subtansi kesimpulan hak angket tidak sesuai awal mulanya ingin dilakukan perbaikan kepada Nurdin Abdullah-Andi Sudriman Sulaiman.

“Kesimpulan banyak tidak sesuai fakta. Fakta yang diungkap terpelintir, rekomendasi melampaui batas kewenangan,” tuturnya.

Pihaknya juga tidak mengetahui kapan dilakukan perbaikan narasi rekomendasi itu. “Saya tidak tahu rapat perbaikannya. Tidak ada informasi. Harusnya hadir semua pansus,” tuturnya.

Komentar