oleh

Dinilai Layak Berstandar Nasional, Pasar Sumpang Jadi Penilaian Kementerian Perdagangan

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Rahmaniar-Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Keberadaan Pasar Sumpang Minangae, Kota Parepare dinilai layak sebagai salah satu pasar rakyat berstandar nasional.

Hal itu dibuktikan dengan hadirnya Tim Penilai dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang melakuka penilaian standardisasi kelayakan.

Menurut Ketua Tim, Wildan Fikri yang disambut oleh Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menyampaikan, jika Pasar Sumpang Minangae menjadi salah satu pasar di Sulawesi Selatan yang akan mendapatkan standarisasi nasional atau SNI Kamis, (29/8/2019).

Kasi Pengembangan Pusat Distribusi dan Pergudangan Kementerian Perdagangan ini menguraikan, saat ini di Indonesia baru 36 pasar yang sudah berstandar nasional Indonesia, “Kami berharap Pasar Eumpang dapat menjadi pasar yang memiliki standar nasional,” harapnya.

Ditambahkan, Pasar yang ada di Indonesia harus ditingkatkan standarnya sehingga masyarakat lebih senang ke pasar rakyat daripada ritel modern.

“Belakangan ini pasar rakyat dikalahkan oleh ritel modern dan kami mencoba mengangkat prestise pasar rakyat sebagai tempat jual beli yang nyaman dengan mendorong pasar rakyat memiliki sertifikasi standar.

Untuk memiliki sertifikasi standar, auditor independen akan melakukan penilaian terhadap pasar sumpang apakah sudah memenuhi standarisasi untuk mendapatkan standar SNI nasional.

Sementara, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe saat menyampaikan arahan di depan tim memberikan apresiasi yang sangat besar telah memilih pasar Sumpang sebagai salah pasar rakyat yang masuk dalam penilaian.

Taufan berkomitmen dalam membangun pasar rakyat, tidak memberikan ruang ritel modern di Kota Parepare karena menurutnya akan mematikan pasar rakyat.

“Saya di tahun ke enam, pembangunan Alfa dan Indomaret saya hentikan karena saya lebih memikirkan masyarakat saya dan keberlangsungan pasar rakyat,”jelas Taufan.

Taufan menambahkan kebijakan yang diambil harus berbanding lurus dalam memajukan pasar rakyat dengan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam menjual dan membeli.

“Dulu Pasar sumpang luar biasa kumuhnya, tapi setelah dibenahi sudah sudah sangat modern dan tertata rapi, dulu juga hanya buka sekali seminggu, sekarang Pasar Sumpang sudah buka setiap hari, bahkan malam ada yang menjual,”tambah Taufan.

Ditanya mengenai komitmen oleh Tim dalam menghidupkan pasar rakyat, Taufan memiliki komitmen yang sangat besar dalam membenahi beberapa Pasar di Parepare termasuk Pasar Senggol dan Pasar Sumpang. (*)

Komentar