oleh

14 PAC Gerindra Maros Tolak Pengunduran Diri Ilyas Cika

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Jumaedy-Maros, Politik-

MAROS, BACAPESAN.COM – 14 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Gerindra yang ada Kabupaten Maros menyatakan menolak pengunduran diri Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Maros, Ilyas Cika.

Hal itu terungkap saat pelaksanaan rapat pleno yang digelar DPCPartai Gerindra Maros beberapa waktu lalu.

Ketua Bapilu DPC Partai Gerindra Andi Husain Rasul mengatakan, penolakan kader Partai Gerindra tersebut, bukan tanpa alasan. Mengingat perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang telah memasuki tahapannya pada tahun depan. Dia berharap, Cika begitu Ilyas biasa disapa masih menahkodai Partai Gerindra.

Husain Rasul mengatakan, Partai Gerindra harus memiliki Ketua yang memiliki wibawa di mata partai lain. Sebagai partai yang mendapatkan satu fraksi di DPRD Maros, tentu kata dia, Gerindra merupakan salah satu partai yang diperhitungkan di Pilkada mendatang. Karenanya mereka berharap, Ilyas Cika tetap bertahan sebagai ketua partai.

“Kami kemarin telah melakukan rapat pleno. Dalam rapat itu, semua kader termasuk ketua PAC memberikan pernyataan sikap menolak pengunduran diri Ilyas Cika sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Maros,” jelasnya.

Mantan Ketua DPD II Partai Golkar Maros ini menjelaskan, memang sebelumnya ada pernyataan Ilyas Cika akan mundur bila Gerindra kalah di Pemilahan Legislator lalu. Namun kata dia, tidak semuanya juga seperti itu. Terbukti pada Pilpres lalu, pasangan Prabowo-Sandi menang di Kabupaten Maros.

“Memang ada komitmen dari Ketua DPC kami untuk mundur jika dalam pilcaleg tidak menang, maka dia akan mundur. Namun kami berharap waktunya bukan saat ini. Biarkanlah pilkada dulu terlaksana dengan baik,” jelasnya dalam jumpa persnya kemarin.

Sebelumnya kata dia, memang Ilyas Cika telah memenui Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani, dan menyatakan keinginannya untuk mundur. Namun saat itu, Idris belum enggan melepas Ilyas Cika.

“Seharusnya, jika memang itu terjadi, maka seharusnya Ilyas Cika dipercayakan kewenangan untuk merekomendasikan, siapa yang layak untuk diusulkan menjadi calon ketua pengganti dirinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tidar DPC Partai Gerindra Maros, Yudhi Yuba menambahkan, sejauh ini Ilyas Cika merupakan figur yang dibutuhkan Partai besutan Prabowo Subianto itu. Karenanya dia berharap penolakan seluruh PAC Partai Gerindra di Maros mampu mematahkan keinginan Ilyas Cika untuk mundur. Termasuk juga menjadi pertimbangan DPD Partai Gerindra Sulsel untuk tidak mengganti Ilyas Cika dalam waktu dekat. Walaupun disadarinya, pergantian kader dan unsur ketua di partai Gerindra itu membutuhkan waktu yang cukup panjang dan melalui beberapa tahapan proses.

“Kami masih membutuhkan figur Cika untuk membawa Gerindra ke depan. Apalagi moment pilkada sudah sangat dekat. Kalau memang akan diganti, maka biarkanlah dia menyelesaikan sampai pilkada. Kami juga enggan partai ini jadi olok-olok partai lain,” katanya. (*)

Komentar