oleh

Balitbangda Dilebur ke Bappeda, NA Singkirkan Halus None

Editor : Lukman Maddu-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Provinsi Sulsel tengah merancang perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) telah menyerahkan draft Ranperda OPD ke DPRD Sulsel.

Perampingan OPD ini dilakukan untuk menyesuaikan visi dan misi gubernur dengan kebijakan baru. Serta aturan di Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang Pemerintah Daerah, OPD di lingkup Pemda harus dievaluasi tiap dua tahun.

“Pemprov ini harus banyak menghemat, kita juga harus lebih efisien, seperti struktur organisasi kita harus lebih ramping supaya penghematan kita bisa mengganti itu,” kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) di Rujab Gubernur, Senin (2/9).

Hanya saja perampingan struktur OPD ini menjadikan beberapa eselon II kehilangan posisi yang sesuai jabatannya.

Sebut saja Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) yang saat ini dijabat oleh Irman Yasin Limpo alias None. Dinas ini rencananya akan dilebur ke Badan Perencanaan Pembangunan Sulsel (Bappeda). Artinya, None harus lengser dari posisinya sebagai kepala OPD.

Kepala Biro Ortala Setda Sulsel, Syamsu Rizal mengatakan, saat ini jumlah Dinas di Pemprov sebanyak 27 OPD. Direncanakan dinas yang ada akan dikerucutkan menjadi 25 unit.

Dinas yang akan dilebur nantinya adalah Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, dan Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang akan dilebur menjadi Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Kalau kita lihat beban kerja mereka hanya koordinatif. Fisik lebih banyak pihak ketiga. Mereka hanya merencanakan, menyusun. Kalau DED, pengerjaan fisik dan pengawasan itu kan dipihakketigakan,” kata Syamsu.

Sementara dinas yang dipisahkan adalah Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura. Akan jadi Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian. Tak hanya itu, Dinas Perkebunan yang ada selama ini disatukan ke Dinas Pertanian.

Komentar