oleh

Karena Situasi Keamanan, PSM Ajak Persipura Tukar Jadwal Kandang

Editor : Ashar Abdullah-Olahraga, Sepakbola-

BACAPESAN.COM – PSM Makassar akan menghadapi Persipura Jayapura pada 29 September. Rencananya, laga dihelat di Stadion Mandala, Jayapura. Tapi, venue bisa saja berubah.

Kondisi Jayapura yang masih panas jadi penyebabnya. Bahkan, laga kontra Bali United yang seharusnya digelar kemarin juga ditunda dengan alasan keamanan. Melihat hal itu, manajemen PSM memberikan opsi bagi Persipura. Yakni, laga digelar di Stadion Andi Mattalatta lebih dulu.

Artinya, PSM akan menjadi tuan rumah. Kemudian, pada putaran kedua, Persipura yang akan menjamu PSM. Opsi itu ditawarkan agar laga kontra Persipura tidak tertunda. Apalagi, PSM masih memiliki empat laga tunda di Liga 1. ’’Kalau melihat situasi sekarang kan kurang kondusif. Kami harus mencari tempat lain atau bisa kami yang jadi tuan rumah duluan,” jelas CEO PSM Munafri Arifuddin.

Semua keputusan berada di tangan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1. Kalaupun tawarannya tidak diterima, Appi –sapaan Munafri Arifuddin– tidak mempermasalahkan. ’’Semua ini kan diatur PT Liga. Mereka yang akan menetapkan keputusannya seperti apa, yakami harus ikuti saja,” tambah Appi.

Soal tukar venue, Persipura memilih tenang. Sebab, saat ini tim masih diliburkan. Mereka akan kembali berlatih Kamis (5/9). Mereka juga belum memikirkan laga kontra PSM. Sebab, terdekat, mereka menjamu Persija Jakarta di Stadion Mandala, Jayapura (11/9).

Jika kondisi tak segera kondusif, sangat mungkin laga tersebut juga ditunda. Tapi, manajemen Persipura sudah punya rencana. Mereka ingin pindah home base pada putaran kedua nanti. Sejatinya, rencana itu sudah akan dilakukan awal musim ini. Sebab, Stadion Mandala harus segera direnovasi untuk kebutuhan PON 2020.

Manajemen bahkan sudah memilih Stadion Sultan Agung, Bantul, sebagai home base. Tapi, suporter Persipura saat itu keberatan. Mereka tidak bisa melihat tim kesayangannya secara langsung.

Soal home base, pelatih Persipura Jacksen F. Tiago enggan berandai-andai. ’’Kalau soal lain, itu wilayah manajemen. Saya sebagai pelatih fokus saja dengan persiapan tim,” ucapnya. (JPC)

Komentar