oleh

KONI Cabut Hak Kelola Stadion Mattoangin Dari YOSS

Editor : Lukman Maddu-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Polemik pengelolaan Stadion Mattoanging menemui titik terang. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) akhirnya mencabut hak pengelolaan yang selama ini dikuasai Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS).

Hak pengelolaan kini kembali ke tangan Pemprov Sulsel selaku pemilik aset bangunan dan lahan.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) menyebut, Pemprov Sulsel segera melakukan renovasi besar-besaran terhadap stadion tertua di Sulsel itu.

“Kemarin KONI sudah mencabut hak pengelolaan stadion itu, untuk diserahkan ke Pemprov. Selanjutnya kita renovasi,” kata Nurdin Abdullah di rumah jabatannya, Senin (2/9).

Sesuai rencana awal, kata NA, Pemprov Sulsel akan menjadikan stadion tersebut sebagai sport center di Makassar.

“Kita akan tata kembali, kita bikin maketnya. Kita berharap 2020 kita sudah mulai anggarkan untuk bagaimana stadion kita jadi stadion yang layak,” tegas NA.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu mengaku pengambilalihan stadion ini berkat hasil kerja sama dengan KPK dan Kejati yang telah membantu proses penyerahan aset.

“Alhamdulillah, jadi pertama saya menyampaikan terima kasih kepada Korsupgah KPK, Kejati, dan apresiasi kita kepada YOSS. Tentu prosedur kita ikuti semua, bahwa beberapa puluh tahun yang lalu, KONI memberi mandat ke YOSS untuk mengelola stadion itu,” tambah NA.

Terpisah Ketua KONI Sulsel, Ellong Tjandra mengaku, pihaknya telah melayangkan surat pencabutan izin yang dimaksud kepada pihak YOSS pada 31 Agustus lalu. Langkah selanjutnya, aset stadion Andi Mattalatta akan diserahkan ke Pemprov Sulsel.

“Kan bertahap ini. Yang jelas ini hal baru, bahwa kita sudah berani mencabut ini. Saya (KONI) tidak mau ji kelola, kita kembalikan kepada yang punya aset,” ujar Ellong, kemarin.

Kata Ellong, pasca pencabutan izin kelola stadion tersebut, pihak YOSS belum memberi respon. Meski begitu, dia memastikan surat dari KONI perihal tersebut sudah sampai dan diterima. Diapun tak mau ambil pusing, jika ada protes dari pihak YOSS.

Komentar