oleh

FPIK UMI Ciptakan Olahan Berbahan Ikan

Ashar Abdullah and Ratih-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Islam Indonesia (UMI) Makassar menciptakan produk olahan yang berbahan ikan.

Prodak tersebut mulai dari makanan hingga hasil kreativitas yang melibatkan ikan dalam Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) berbasis FPIK.

Ketua Tim Pelaksana PPK FPIK, Asmidar S Kel M Si mengatakan, program ini merupakan tahunan yang didanai oleh Kemenristekdikti di bawah LPKMI dan bagian tridharma perguruan tinggi.

Hasilnya, ada tujuh usaha dibuat mahasiswa yang tergabung dari berbagai kelompok dan didampingi oleh dosen jurusan Ilmu Kelautan, Dr Ir Danial, Ir Mustamin M Si, hingga Ir Beddu Yang Masih Si.

“Jadi masing-masing punya prodak dan diberikan dana untuk modal usaha. Kemudian mereka buat produknya dan diperkenalkan,” ungkap Asmidar, Selasa (3/9/2019).

Prodak kemudian diperkenalkan Workshop Manajemen Usaha dan Pemasaran Berbasis Online
bekerjasama dengan Unit Pelayanan Teknis Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis UMI di Menara UMI Lantai 4.

Setelah mengikuti workshop lanjut Asmidar, para mahasiswa yang membikin produk sudah bisa langsung dipasarkan.

“Jadi proses penjualan bisa berbasis online atau seperti apa. Tergantung mereka cara pemasarannya seperti apa. Karena melalui workshop ini, mereka diberikan pemahaman tata cara pemasaran,” jelasnya.

Ia menjelaskan, usaha yang dihasilkan mahasiswa diantaranya ada yang buat Aquarium Ikan Hias.

Kemudian ada pula limbah dari biota laut seperti rumput laut yang dibikin menjadi makanan.

“Ada Berger ikan, banana roll yang dipadukan dengan rumput laut, ada sofenir dari biota laut, ikan hias, dan tulang ikan bandeng dibuat dari kerupuk. Jadi semuanya berbasis ikan,” paparnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis UMI, Dr H Asdar Djamereng SE Mm sebagai pemateri workshop mengatakan, ada beberapa yang harus dibenahi dari produk tersebut.

Komentar