oleh

Mahasiswa Minta KPU Tak Lantik Caleg Bermasalah

Editor : Ashar Abdullah-Pileg 2019, Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Belasan masyarakat yang mengatas namakan Aliansi Mahasiswa Makassar Peduli Demokrasi melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Makassar, Jalan Prumnas Antang Raya, Kamis (5/9).

Dalam unjuk rasa tersebut, mereka meminta kepada penyelanggara dalam hal ini KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar untuk kembali mengklarifikasi caleg incumbent terpilih untuk membatalkan pelantikan yang masih berkasus di Aparat Penegak Hukum (APH).

“Sebisa mungkin caleg tersebut tidak tersandum dengan hukum. Jangan sampai legislatif yang akan dilantik masih cacat hukum padal mereka mereka penyapai aspirasi masyarakat,” kata Jendral Lapangan, Kasrum Hardin.

Disinggung soal data yang caleg tersandung hukum, dirinya hanya menyapaikan agar KPU meminta data-datake APH sebelum dia menyerahkan kepada pihak penyelenggara pemilu.

“Hari ini kami hanya meminta kepada KPU untuk mengecek dulu dan besok kita akan datang untuk memperlihatkannya.” tuturnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Makassar , Endang Sari menuturkan, pihaknya ingin membaca lebih dahulu dan memahami PKPU nomor 5 tahun 2019, khususnya pasal 32 dan 33 yang mengatur pergatian dan pelantikan.

“Mereka harus paham dulu PKPU, karena semua ada mekanismenya, kita ini adalah lembaga publik yang diatur. Dan kita juga bekerja sesuai aturan hukum,” singkatnya. (*)

Komentar