oleh

Baznas Enrekang Bakal Kembangkan BMD

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Qurniawan-Daerah, Enrekang-

ENREKANG, BACAPESAN.COM— Pimpinan Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Enrekang, Baharuddin dan staf mengikuti peluncuran Baznas Microfinance Desa (BMD) di Desa Turikale, Kabupaten Maros, Jumat (6/9/2019).

Hadir mengikuti peluncuran dari Pimpinan Baznas Pusat, adalah Dr. Mintarti serta Kepala Baznas Microfinance, Noor Azis.

Program microfinance atau keuangan mikro adalah program baru dari Baznas Pusat yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha.

Kepala Baznas Microfinance, Noor Azis mengatakan, BMD merupakan lembaga keuangan mikro nonprofit yang bertujuan menumbuhkembangkan pelaku usaha mikro dengan memberikan dukungan permodalan yang sesuai syariat tanpa riba dan tidak memberatkan para mustahik.

“Selain permodalan, Baznas melalui BMD juga memfasilitasi peningkatan kapasitas melalui pelatihan dan layanan pengembangan usaha,” kata Aziz.

Baznas Microfinance telah menginisiasi beberapa Baznas Microfinance Desa (BMD) antara lain, BMD Bojong Rangkas Bogor, BMD Bukitttinggi, BMD Jabon Parung Bogor, BMD Gunung Sari, Lombok-NTB, serta BMD Turikale Maros.

Ada beberapa kriteria usaha yang dapat dibiayai melalui Baznas Microfinance yakni, (1) Sudah berjalan selama satu tahun terakhir dengan konsep usaha yang jelas, (2) Membuat Surat Keterangan Usaha minimal dari Kelurahan, (3) Memiliki catatan pembukuan kegiatan usaha yang dapat dinilai aset, serta (4) Memiliki rekening bank.

Menurut Baharuddin, dalam waktu dekat Baznas Enrekang juga akan mengembangkan Baznas Microfinance Desa.

“InsyaaAllah sepulang dari kegiatan Peluncuran BMD di Turikale ini, kami juga akan segera mengembangkan MBD di Kabupaten Enrekang,” tegasnya

Komentar