oleh

Ribuan Alumni Hadiri Jalan Sehat Dies Natalis ke-63 Unhas

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Rezky Nurul-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Berangkat dari tema “Menguatkan Kolaborasi, mendukung Unhas sebagai Humaniversity”, Hari ini Universitas Hasanuddin menggelar gerak jalan sehat, Minggu (8/9).

Dengan tema tersebut, kegiatan Dies Natalis ke 63 ini banyak menyentuh dengan aspek sosial dan pengabdian masyarakat.

Mengambil rute Start dari Kantor Gubernur Sulsel dan Finish di Kampus Unhas Tamalanrea, Gubernur Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman melepas dan turut menjadi peserta dalam gerak jalan sehat ini.

Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan harapannya di Dies Natalis Unhas, sebagai Alumni Unhas ia menyampaikan bahwa Dunia sudah berubah dan tantangan zaman begitu kompleks. Di dunia telah terjadi disrupsi yang sangat banyak dan bermacam-macam.

Oleh karena itu, Unhas dituntut untuk tidak biasa-biasa saja. Lulusan Unhas diharapkan hadir di tengah masyarakat dengan kerja yang luar biasa.

“Tidak hanya berindeks prestasi tinggi, tapi lulusan Unhas diharapkan punya ide dan perilakunya dalam merespons persoalan kekinian, bagaimana lulusan mampu berinovasi agar bisa memengaruhi perubahan dunia untuk kebaikan,” ujar Andi Sudirman Sulaiman.

Salah satu pekerjaan rumah Indonesia dan dunia saat ini, kata Andi Sudirman Sulaiman, adalah persoalan limbah sampah. Indonesia sendiri setiap tahun harus menghadapi 64 juta ton dan sebanyak 32 juta ton sampah masuk ke laut sehingga tidak mengherankan jika sering ditemui kura-kura laut tidak bisa berkembang akibat sejak kecil terjepit tutup botol. Atau peristiwa matinya ikan paus akibat memakan banyak sampah plastik.

Sehingga Andi Sudirman Sulaiman mengajak Alumni Unhas untuk mengurangi pemakaian sampah plastik.

“Dari persoalan sampah ini para lulusan mestinya bisa berkontribusi bagi negeri banyak sekali. Seluruh daya upaya dan pengetahuan boleh dikeluarkan, yang dari psikologi mungkin bisa bicara soal perilaku, dari hukum soal regulasi, teknik mesin dan elektro bikin alat untuk menciptakan ekosistem yang bisa mengolahnya dan dari pertanian bikin komposnya,” ucapnya.

Hadir di acara yang dilaksanakan sejak pagi sekitar pukul 06.00 Wita tersebut, Rektor UnhasRektor Unhas Dwie Aries Tina Palubuhu, Ketua TP PKK Sulsel, PJ Walikota Makassar M. Iqbal Subaeb. (*)

Komentar