oleh

DPRD Parepare Diisyaratkan Enam Fraksi

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Kalmasyari-Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Walaupun fraksi belum terbentuk di DPRD Kota Parepare, namun sudah beredar rancangan pembagian fraksi.

Dari 25 anggota DPRD Parepare diisyaratkan minimal tiga kursi untuk membentuk fraksi, sesuai dengan jumlah komisi.

Dari rencana yang beredar terdapat empat fraksi utuh dan dua fraksi gabungan. Fraksi utuh di antaranya Fraksi Golongan Karya (Golkar) dengan lima kursi, Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) empat kursi, Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Fraksi Demokrat yang masing-masing tiga kursi.

Sementara fraksi gabungan yakni Fraksi Fakar Indonesia terdiri dari Partai Amanat Nasional (PAN) dua kursi, Hanura satu kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) satu kursi dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) satu kursi, total lima legislator yang tergabung kursi pada penetapan nantinya.

“Fraksi Fakar Indonesia anggotanya lima orang terdiri dari dua dari PAN, satu dari Ha- nura, satu dari PKB dan satu dari Perindo”, kata Ibrahim Suanda, Legislator dari PAN ini.

Senada disampaikan legislator yang tergabung dalam bentukan fraksi Nasril, H Sudirman Tanzi juga mengklaim telah melakukan finalisasi teekait pembentukan fraksi gabungan yang juga terdiri dari tiga partai.

“Kami nikin fraksi gabungan dari Partai PPP, PDI Perjuangan dan PBB, semuanya berjumlah 5 kursi. Fraksi kami namanya Nasril (Nasional religius), karena ada yang Nasionalis dan ada yang religius,” ujar politisi PBB ini.

Fraksi utuh yaitu Golkar, Nasdem, Gerindra, Demokrat, sedangkan fraksi gabungan yaitu Fakar Indonesia terdiri dari PAN, Hanura, PKB dan Perindo, dan Fraksi Nasril (Nasional Religius) yaitu Partai PPP, PDI Perjuangan, dan PBB.

“Karena sementara dilakukan persuratan ke masing-masing ketua Partai, dan diharapkan sudah ada jawaban hingga 16 September 2019 mendatang, karena itu fraksi ini hanya Fraksi lainnya adalah Nasional Religius (Nasril) gabungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak dua kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) Perjuangan dua kursi dan Partai Bulan Bintang (PBB) satukursi, jadi total 5 anggota atau kursi,” paparnya. (*)

Komentar