oleh

Accora Bulang ri Batubassi, Kegiatan Budaya Dengan Berbagai Event

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Maros-

MAROS, BACAPESAN.COM – Minimnya kepedulian terhadap kebudayaan di era milennial ini menjadi salah satu poin penting digelarnya sebuah event kebudayaan di Desa Jenetaesa, Kec Simbang Maros. Event ini diberi nama “Accora Bulang ri Batubassi” diselenggarakan oleh Lembaga Badik Celebes (LBC) Maros, Lembaga Adat Batubassi dan UPT Museum, Dinas Budaya dan Pariwisata Maros.

Ketua Panitia, Daeng Ramma’ kepada wartawan mengatakan, berbagai agenda kebudayaan dan pagelaran seni akan dilaksanakan pada event tersebut.

“Jadi kita punya 13 item kegiatan dalam event ini, yakni pameran bilah pusaka, Kemah Budaya, kirab budaya, pelantikan ketua lembaga adat Batubassi, pentas seni dan teater, bazar kue tradisional, seminar budaya, deklarasi jaga budaya, Attompang Bersama (pembersihan bilah), Akkawaru Tedong (Penyembelihan Kerbau), Anganre Kappara (Tradisi makan bersama), kunjungan situs Batubassi, Kunjungan wisata, dan Accora bulang itu sendiri” Ujar Daeng Ramma’.

Lebih rinci ia menyampaikan jika kegiatan Accora Bulang ri Batubassi ini akan digelar 13-17 September 2019, dalam event ini, konsep Accora Bulang (Berbulan Purnama) akan dilakukan di salah satu areal yang didesain untuk kembali ke masa lalu, berbagai properti masa lalu dimasukan dalam areal tersebut, dan para peserta akan menikmati suguhan makanan tradisional.

“Jadi konsep Accora Bulang ini adalah kembali ke masa lalu, kita membuat satu areal dimana setiap malam mulai dari tanggal 14 sampa 16 malam, kita akan menikmati malam bulan purnama kita akan duduk beralaskan tikar, menikmati kopi hitam dengan gula merah, kue tradisional, musik tradisional, pakaianpun harus ada identitas budaya di dalamnya, kita akan siapkan songkok dan sarung untuk dipakai, alas kaki pun harus dibuka, konsep inilah yang membuat kami yakin bahwa para pengunjung akan merasa bernostalgia ke jaman dulu,” ujar Daeng Ramma’.

Komentar