oleh

OPD Pemkab Barru Gelar Rakor KP SPAMS

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Andi Amril-Barru-

BARRU, BACAPESAN.COM – Sejumlah OPD Pemkab Barru yang selama ini berperan sebagai Kelompok Pembina Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (Asosiasi KP SPAMS) Kabupaten Barru, mengelar rapat koordinasi bersama, Kamis (12/9).

Kegiatan ini diprakarsai Asosiasi KP SPAMS “Wae Wanuaku” Kabupaten Barru bertempat di kantor Bappeda Barru. Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi KP SPAMS yang terdapat di 28 desa se-Kabupaten Barru.

Keterlibatan sejumlah OPD pembina seperti Bappeda, DPKP, Dinkes, DC Pamsimas, para Kepala Desa, Ketua KP SPAMS Desa, unsur Perbankkan serta Basnaz menjadi semangat baru bagi pamsimas dalam menjalankan programnya di tahun mendatang.

Darwis ST selaku Ketua Harian Asosiasi KP SPAMS saat ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan hasil presentasi 28 KP SPAMS di daerah Kabupaten Barru terdapat 21 yang telah dimonev.

“Sedangkan dari hasil monev terdapat 11 Desa dengan status tidak berfungsi dan 10 desa berfungsi sebagian, namun ini menjadi tanggung jawab bersama untuk mengaktifkan KP SPAMS,” jelas Darwis.

Lanjut Darwis, terkait keberfungsian sarana dan prasarana diharapkan dari peran para peserta rakor agar dapat memberikan solusi untuk keberlanjutan KP SPAMS Desa.

Sementara itu dalam rapat koordinasi tersebut Haji Amrullah selaku perwakilan Basnaz Barru menyampaikan komitmen Baznas, siap bekerja sama dalam pemenuhan air minum dan sanitasi di desa khususnya kepada kaum duafa dan fakir miskin.

“Yang ini bisa di bantu prosesnya jika perlu di lakukan secara rutin di Kabupaten Barru,” terang Amrullah.

Senada dengan Baznas Barru, Sekeretaris Dinas Pemukiman Barru, Hj Andi Ratnawaty ST, M.Si turut menyampaikan dukungannya terkait rakor KP SPAMS ini.

“Perlu dilakukan berkelanjutan kegiatan ini sebab ada output yang dihasilkan utamanya kendala di lapangan terkait KP SPAMS yang dapat dijadikan bahan kajian dan kebijakan bagi kami,” tutup Andi Ratnawaty. (*)

Komentar