oleh

Selamat Ulang Tahun Sattar Taba

Editor : Lukman Maddu-Kolumnis-

BACAPESAN.COM – Hari ini, 12 September 2019 adalah hari ulang tahun ke-64 Bapak H. M. Sattar Taba, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP KKSS) dan Direktur Utama PT Kawasan Berikat Nusantara Persero (KBN).

Bapak M. Sattar Taba adalah putra ke-6 dari pasangan almarhum H. Abdillah Taba dan Hj. Tuwo Asseng, kelahiran Makassar, 12 September 1955. Sattar Taba adalah mantan Direktur PKM, Direktur Biringkasi Raya, Direktur PT Top, Direktur PT Pelayaran Tonasa Lines, Direktur Utama PT Semen Kupang, dan Direktur Utama PT Semen Tonasa Persero dan sekarang Direktur Utama PT. KBN (Persero) Ketiga perusahaan negara itu ketika dinahkodai oleh Sattar telah maju dan berkembang.

Dari Semen Tonasa Pangkep, Sattar ditugaskan pimpin PT KBN Jakarta Utara oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan, sejak 2012 hingga hari ini. Tahun 2017, periode pertama di KBN selesai dengan prestasi gemilang, perusahaan maju dan untung besar, mendorong Ibu Rini Suwandi melantiknya kembali sebagai Direktur Utama PT KBN, periode keduanya, 2017 hingga 2022.

Di sela-sela kesibukannya setiap hari di PT KBN, Sattar juga memimpin organisasi sosial dan suku-etnis terbesar, BPP KKSS sejak 2014. KKSS adalah organisasi yang menghimpun puluhan juta perantau asal Sulawesi Selatan (Sulsel), berdiri 1976, tersebar dihampir semua provinsi dan puluhan negara di luar negeri.

Bagi Sattar, KKSS adalah tempat “refreshing”dari berbagai ragam kerumitan pekerjaan di KBN. “Saya telah memimpi KKSS 5 tahun, dan akan menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban di hadapan peserta Musyawarah Besar XI di Solo. Saya tidak mencalonkan diri lagi sebagai ketua umum. Saya bersyukur telah ikut membesarkan KKSS dari konsolidasi antar-pengurus seluruh Indonesia hingga memperkenalkan Sulsel ke mancanegara melalui Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XV di Takalar, 2015. Even nasional itu telah mengundang dan menghadirikan beberapa investor kakap dari Timur Tengah, Cina, dan Jepang. Mereka sedang menggarap investasi besar, bernilai 325 triliun di bidang recycling dan pembangunan kilang minyak terintegrasi, perkebunan, petrokimia, dll yang menyerap tenaga kerja kurang lebih 65 ribu orang.”

Hari ini Sattar Taba berulang tahun ke-64. “Saya bersyukur telah genap berumur 64 tahun. Semoga bonus umur itu dapat saya isi dengan banyak kebaikan, bekal hari ini dan esok. Terima kasih atas doa dan ucapan dari keluarga besar dan kolega saya di KKSS, dan karyawan saya di PT KBN,” pungkas M. Sattar Taba. (M. Saleh Mude)

Komentar