oleh

Tangkap Peluang Lewat Perpindahan Ibukota, Disdag dan OJK Genjot Pertumbuhan UKM Sulsel

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Dinas Perdagangan (Disdag) Sulsel bekerjasama dengan Otoritas Jasa keuangan (OJK) menggelar Bussiness Matching bersama pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Sulsel, Kamis (12/09/2019).

Bertajuk ‘Fasilitas Akses Keuangan UKM Potensial Berorientasi Ekspor Binaan Dinas Perdagangan’ kegiatan ini melibatkan puluhan pelaku usaha yang sedang dalam proses pengembangan usahanya.

Kepala Disdag Sulsel, Hadi Basalamah dalam sambutannya menerangkan, saat ini UKM Sulsel Memiliki peluang besar untuk tumbuh. “Perpindahan ibu kota ke Kalimantan menjadi peluang besar bagi UKM.” katanya.

Menurut Hadi, secara nasional pertumbuhan UKM sebesar 5 persen, meski demikian sumbangsih ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbilang besar.

“Saat ini UKM Sulsel masih terbilang kecil, meski demikian sumbangan ke PAD terbilang cukup tinggi yakni sebesar 1 Triliunan. Sehingga diharapkan UKM kedepannya menjadi pusat perhatian pemerintah,” tuturnya.

Olehnya itu, Hadi mengatakan telah melakukan pengiriman beberapa orang yang menggeluti UKM untuk mengikuti Pusat pelatihan ekspor nasional di Jakarta dan telah kembali dengan wawasan baru dan siap melakukan ekspor produk ke berbagai negara di dunia.

Sejalan dengan itu, Kepala Kantor Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) mengatakan kesiapannya untuk membantu pelaku UKM.

“Ini merupakan forum koordinasi guna meningkatkan layanan masyarakat. Jika kedepannya bank tidak mau datang jika diminta pelaku usaha, atau ke bank pun tidak dilayani maka laporkan ke OJK,” pungkasnya. (*)

Komentar