oleh

Kukuhkan Punggawa Kunjungmange VI, Raja Gowa Minta Bersinergi Pemerintah

Editor : Lukman Maddu-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Raja Gowa ke-38, Andi Kumala Andi Idjo mengukuhkan, Amiruddin Dg Tanra sebagai Punggawa Kunjungmange ke-6.

Pengukuhan yang diawali dengan pembacaan silsilah keturunan Punggawa Kunjungmange oleh wakil keluarga, Yusuf Dg Jarre di Dusun Kunjungmange Desa Pa’nakkukang, Kecamatan Pallangga, Gowa, Sabtu (14/9).

Selanjutnya prosesi pengukuhan yang ditandai penyerahan Kalewang (pedang) dsri Sombaya kepada Punggawa ke-6 Kunjungmange.

Di hadapan kerabat dan tetamu yang hadir di rumah adat Punggawa Kunjungmange, Andi Kumala menyampaikan apresiasi atas digelarnya pengukuhan.

“Ini merupakan upaya nyata dalam menjaga adat budaya yang harus dilestarikan sehingga harus bersinergi dengan pemerintah,” ujarnya.

Mantan Kepala Balitbangda Gowa ini menambahkan, bahwa rencananya Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bermaksud untuk hadir namun ada kesibukan lain.

“Rencananya saya bersama pak Bupati akan hadir namun ada kesibukan lain jadi saya hanya bersama Ketua Lembaga Adat Bate Salapang dan Anak Bate Karaeng Tompobulu,” tuturnya.

Sementara Punggawa Kunjungmange VI, Amiruddin Tanra mengatakan, akan menjunjung tinggi adat-istiadat yang selama ini dipedomani leluhur.

“Ini adalah amanah yang harus saya tunaikan dengan sebaik-sebaiknya,” ujarnya usai dikukuhkan. (muhtar)

Komentar