oleh

Cegah Masalah Hukum Perdata, Pemkab – Kejari Gowa Teken MoU

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Muhtar-Daerah, Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa untuk melakukan pendampingan hukum soal perdata.

Hal ini diaktualisasi melalui penandatanganan dua Memorandum of Understanding (MoU), yakni pencegahan masalah hukum perdata dan tata usaha negara dan pendampingan Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), yang dilakukan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Kajari Gowa, Muhammad Basjar Rifai, di Baruga Tinggimae Rujab Bupati Gowa, Senin (16/9).

Menurut Basjar Rifai, kerjasama ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya masalah hukum dibidang perdata dan tata usaha negara yang akan dihadapi oleh Pemkab Gowa.

“Salah satu bantuan hukum yang kita berikan baik yang dilaksanakan melalui pengadilan maupun diluar pengadilan yaitu bisa mengajukan kita sebagai pengacara negara. Artinya apabila Pemkab Gowa digugat maupun digugat oleh pihak ketiga secara perdata kami boleh ditunjuk sebagai pengacara negara,” jelasnya.
Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengaku, MoU ini merupakan sebuah program sangat baik khususnya bagi para pengambil keputusan.

“Tentu sangat bersyukur, sehingga para pimpinan SKPD tidak ragu lagi dalam mengambil keputusan, beban atau kesalahan tidak lagi terjadi kalau kita mendapatkan pendampingan,” ungkapnya.

Olehnya dirinya berharap, dengan adanya MoU ini sebuah pekerjaan bisa berjalan dengan baik dan TP4D langsung terjun ke lapangan melakukan pendampingan, agar para pelaksana tidak lagi bermain-main dalam melakukan pekerjaannya. (*)

Komentar