oleh

Polres Luwu Gelar Apel Pergeseran Pasukan Amankan Pilkades

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Jepi-Luwu-

BELOPA, BACAPESAN.COM – Jelang pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Luwu, 18 September mendatang, Polres Luwu menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan.

Apel pasukan dipimpin langsung oleh Waka Polres Luwu Kompol Abraham Tahalele di Lapangan polres Luwu, Senin 16 September 2019, dan dihadiri oleh Pabung 1403 Sawerigading Mayor Inf. Safaruddin, Kabag Ops Polres Luwu, para Kasat, Kapolsek dan Padal masing-masing Kecamatan se Kab. Luwu.

Wakapolres Luwu pada kesempatan itu, menyampaikan beberapa penekanan dalam rangka pelaksanaan pengamanan di TPS Pilkades serentak 2019.

Polres Luwu telah beberapa kali melaksanakan pengamanan pesta demokrasi, diantara adalah Pemilihan Kepala Dsaeah Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Bupati dan Wakil Bupati Luwu, pemilu Legislatif dan pemilihan Presiden dan wakil presiden pada beberapa bulan lalu. Pengalaman tersebut menjadi bekal Polres Luwu untuk menyelenggarakan pengamanan pelaksanaan pemilihan 88 kepala Desa serentak di Kabupaten Luwu pada Rabu 18 September 2019.

Pola pengamanan Pilkades ini ada perbedaan dengan pengamanan pemilu sebelumnya. Dalam Pilkades di Kabupaten Luwu, Polres Luwu menurunkan 255 personel yang akan mengamankan pemungutan suara di 88 TPS penyelenggara dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 312 orang.

“Sistem pengamanan dalam setiap TPS bervariasi, diantaranya terdapat 2 personel 1 TPS, 3 Personel 1 TPS dan 5 personel untuk 1 TPS, disesuaikan dengan situasi dan kondisi TPS desa masing-masing. Selain itu pengamanan TPS akan di-back up oleh TNI, kepada personel pengamanan TPS setelah Apel ini segera bergeser ke tempat tugas, kenali kondisi kamtibmas, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, jaga kesehatan dan keselamatan, selamat bertugas,” ujar Kompol Abraham Tahalele. (*)

Komentar