oleh

Respon Cepat, Dinkes Makassar Bantu Masker ke Warga Manggala

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Yadi-Metro, Pemerintahan, Peristiwa-

MAKASSAR,BACAPESAN.COM – Kebakaran di area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar menyebabkan asap tebal menyelimuti pemukiman sekitar.

Oleh karena itu, demi mengantisipasi terjadi penyakit akibat asap gas yang mengandung racun penyakit. Maka Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar bergerak cepat menerjunkan tim serta bantuan masker juga obat untuk warga setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr A Naisyah Tun Azikin mengungkapkan, sejak mendapat informasi Minggu sore kemarin, pihak Dinkes menerjunkan tim bersama Puskesmas ke lokasi TPA Manggala membagi masker mepada warga untuk keperluan kesehatan.

“Sejak kemarin kami dapat laporan kebakaran di TPa, petugas Dinas kesehatan dan Puskesmas segerah turun mengantisipasi upaya kesehatan kepada warga di sekitar pemukiman di sekitar TPA. Pembagian masker sebanyak 2000-3000 an samapi tengah malam jam 2 subuh,” ujarnya.

Pagi ini, sebagai Kadis kesehatan, Naisyah mendampingi Sekda Makassar memantau langsung kondisi di TPA untuk mengetahui perkembangan di area karena asap semakin tebal di pemukiman warga.

Selain itu, pihak Dinkes juga mengunjungi 10 sekolah SD dan SMP di dekat TPA untuk pembagian masker kepada siswa-siswi dalam guna menjaga kesehatan.

“Untuk pagi ini, tim kami masuk di 10 sekolah yang paling dekat dengan TPA guna membagi masker kepada murid-murid dan guru guru,” katanya.

Dia menambahakan, pihaknya juga membuka posko kesehatan bagi masyarakat di area TPA. Tujuanya agar melayani masyarakat jika membutuhkan pertolongan mendadak.

“Kami juga membuka posko kesehatan di area TPA bagi warga yang alami gangguan pernapasan, kami layani jika butuh pertolongan,” pungkasnya. (*)

Komentar