oleh

Adnan Purichta Ichsan: PMI HarusTerus Jadi Pelopor Gerakan Kemanusiaan

Editor : Lukman Maddu-Maros-

MAROS, BACAPESAN.COM – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke- 74 Tahun ini dijadikan sebagai motivasi dalam menyatukan tekad untuk gerakan kemanusiaan bahkan terus menjadi pelopor dalam program-program kemanusiaan, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Kerja-kerja kemanusiaan kita harus berlandaskan ketulusan dan keikhlasan dalam mengurusi umat, manusia, dan sesama yang membutuhkan bantuan kita,” ungkap Ketua Umum PMI Sulsel Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Upacara HUT PMI ke-74 di Lapangan Panaikang, Maros, Selasa (17/9).

Ia menambahkan, meski kehadirannya pada upacara ini ataupun kegiatan ke PMI-an adalah kali pertama, dirinya tetap menjalankan dengan sangat antusias.

Dirinya pun berharap pada perayaan HUT PMI tahun ini seluruh pengurus baik di tingkat Sulsel maupun kabupaten/kota dapat terus bekerja dengan kompak, bekerja secara solid dan terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi. Sehingga program-program yang telah dicanangkan dapat terealisasikan sesuai targetnya.

Tak hanya itu, dirinya pun mengapresiasi langkah pengurus PMI Maros yang menyalurkan air bersih ke 17 titik lokasi kekeringan di wilayah Sulsel. Inisiatif tersebut diharapkan dapat diikuti seluruh pengurus PMI di kabupaten/kota di Sulsel.

“Langkah PMI Maros yang pertama menyuplai air bersih ke wilayah krisis air ini patut kita apresiasi. Melalui gerakan PMI Maros inilah mendorong ketua-ketua pengurus lainnya untuk melakukan langkah yang sama untuk membantu sesama,” terang Adnan yang juga Bupati Gowa ini.

Sementara Plt Ketua Umum PMI Sulsel Syamsuddin Zaenal yang dalam kesempatan tersebut bertindak sebagai inspektur upacara mengungkapkan, pada perayaannya tahun ini mengangkat tema Kita Tangguh Indonesia Maju. Hal ini dimaksudkan sebagai pendorong bagi seluruh insan pekerja kemanusiaan untuk terus tak henti dan tak kenal lelah membantu masyarakat.

“Kita harus dengan tulus dan penuh ikhlas dalam memberikan bantuan kepada sesama, karena memang PMI ini adalah organisasi sosial kemasyarakatan utamanya dalam melakukan kegiatan pengurangan resiko bencana dan mengatasi masalah sosial serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

PMI Sulsel sebagai organisasi kemanusiaan akan terus berusaha menjadi mitra terdekat dengan pemerintah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam hal menangani dan meringankan beban masyarakat akibat bencana.

Pada upacara tersebut hadir seluruh anggota PMI, anggota PMR, Ketua PMI Maros AS Chaidir Syam, Forkopimda Maros, dan undangan lainnya. Upacara peringatan HUT PMI ini juga diwarnai dengan pelepasan Red Cross Ranners dan pelepasan tangki air bersih ke 17 titik. (*)

Komentar