oleh

Berantas Kemiskinan, Bappeda Gowa Luncurkan Aplikasi Sinangkis

Editor : Lukman Maddu-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa ikut mendorong percepatan penanggulangan kemiskinan dengan merilis aplikasi Sistem Informasi Penanggulangan Kemiskinan (Sinangkis)

Kepala Bappeda Gowa, Taufik Mursad menjelaskan, aplikasi Sinangkis berisi konten terkait data-data berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) yang telah diolah Dinas Sosial Gowa berdasarkan rujukan Kementerian Sosial.

Dimana aplikasi ini akan dioperasikan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengambil peran dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Untuk langkah awal kata dia, Bappeda Gowa melakukan penandatanganan fakta integritas kepada tiga SKPD masing-masing Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Ia pun menambahkan, bahwa kedepan kerjasama tersebut akan dilakukan bersama 15 SKPD lainnya antara lain, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pekerjaan Umum, termasuk Badan Amil Zakat (Baznas) sebagai penyaluran zakat ke rakyat miskin.

“Aplikasi Sinangkis ini akan digunakan untuk dapat melihat secara informatif seluruh data yang ada dalam BDT sebagai bahan perencanaan dan penyusunan program kegiatan yang tujuannya sebagai upaya penanggulangan kemiskinan,” katanya usai melaunching aplikasi di ruang rapat Kantor Bappeda Gowa, Senin (16/9).

Data dalam aplikasi Sinangkis ini juga akan menjadi bahan bagi DPPPA Gowa untuk mensinergikan dengan program pemberdayaan yang dicanangkan yakni Program Peningkatan Peran Perempuan Menuju Kesejahteraan Keluarga dan Ketahanan Keluarga (P2K3). (muhtar)

Komentar