oleh

Terbelenggu Berpikir Kritis Mahasiswa, Rocky Gerung Sebut Mereka Dalam Kondisi Kegelisahan

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Yadi-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sosok ahli filsafat asal Universitas Indonesia (UI), Rocky Gerung kembali melakukan lawatan di Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Selasa (17/9/2019).

Di kampus milik pengusaha Sulsel, Aksa Mahmud. Pria yang akrab disapa RG itu memberikan ceramah “akal sehat” kepada mahasiswa baru 2019 yang melakukan kuliah perdana di kampus tersebut.

“Anda (mahasiswa baru) dilatih masuk di kampus masa menuju dewasa. Mahasiswa baru disini calon BOS di Unibosowa,” kata RG sebelum memulai paparan diskusi.

Pada kesempatan ini, RG yang dikenal pengamat Politik menerangkan bahwa saat ini mahasiswa seakan terbelenggu cara berpikir kritis terhadap realitas sosial saat ini.

Menurutnya, sebagai calon intelektual, mahasiswa harus andil dalam persoalan bangsa. Setiap hari ada problem tanpa jedah, seperti kebaran hutan, kenaikan BPJS, perosalan intervensi KPK, dan rasisme di Papua. Maka dibutuhkan kritikan mahaiswa karena itu hak asasi menyampaikan aspirasi dihadapn umum.

“Bebeaskan belenggu pikiran kritik anda. Kalau bukan pikiran kritis maka bukan kritik, kalau ada punya pikiran jika ada lawan pikiran maka sampaikan secara umum,” katanya.

“Saat ini, mahasiswa ada pada kondisi kegelisahan. Jika anda tuntas dalam berpikir maka tidak galau dalam mengambil keputusan. Kalau sadar rapat di BEM untuk evaluasi pergerakan,” sambung pria yang menjadi idola ILC Tv One itu.

Pada kesempatan ini, RG mampu menghipnotis mahasiswa serta Dosen yang hadir dalam diskusi. Bahkan Rocky juga mengajak mahasiswa mengktitisi kebijakan pemerintah yang tidak pro terhadap rakyat kecil. (*)

Komentar