oleh

Berikan Kuliah Umum, Mentan RI Beberkan Pencapaian Selama Menjabat

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr Ir Amran Sulaiman memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar.

Dalam kuliah umumnya, Amran memaparkan berbagai pencapaian yang berhasil digenggam dengan gemilang oleh Kementrian pertanian selama empat tahun belakangan.

Amran membeberkan pencapaian tersebut meliputi penekanan inflasi, pendapatan domestik bruto dan nilai ekspor yang bertambah jumlahnya.

“Apa capaian kementrian, sebelumnya inflasi menjadi momok yang mengancam, pertama dalam sejarah inflasi ada diangka 10 persen. Dulu inflasi pertanian berada di urutan ketiga nomor 3 terburuk kedunia, sekarang telah sejajar dengan Amerika,” bebernya Kamis (19/09/2019).

Lebih lanjut menurut Amran, Ekspor selama 4 tahun belakangan pun mengalamai peningkatan yang cukup signifikan.

“Sebelumnya ekspor hanya berjumlah 420 juta ton, hari ini ekspor Indonesia mencapai 1,2 juta ton pertahun dengan tujuan 100 hingga 200 negara,” lanjutnya.

Hal ini menurut Amran tidak terlepas dari kebijakan yang tepat. “Hati hati jika kebijakannya salah, lebih bahaya dari korupsi” Katanya

Dalam kuliah umum ini pula, Amran memperkenalkan teknologi baru bertani ke mahasiswa UIN Alauddin dimana penanaman menggunakan sistem remote control atau nomous tracktor yang bisa jalan sendiri. (*)

Komentar